Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Surabaya

Pendaftaran Peserta Rujak Uleg Ditutup, Panitia Bahas Skema Penilaian

27 Februari 2019, 07: 20: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

DIIKUTI 268 KELOMPOK: Para dewan juri dan panitia membahas skema penilaian Festival Rujak Uleg di Ruang Sparkling Disbudpar di Gedung Siola, Selasa (2

DIIKUTI 268 KELOMPOK: Para dewan juri dan panitia membahas skema penilaian Festival Rujak Uleg di Ruang Sparkling Disbudpar di Gedung Siola, Selasa (26/2). (Rizky Putri Pratimi / Radar Surabaya)

Share this      

Surabaya - Festival Rujak Uleg menjadi pembuka dari sekian banyak rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) yang ke-726. Tercatat ada dan 1.608 peserta yang akan mengikuti festival ini. Selasa (26/2), panitia dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudparta) bersama dewan juri membahas skema penilaian di ruang Sparkling Gedung Siola lantai 2.

Festival yang digelar pada 17 Maret di Jalan Kembang Jepun ini dirancang seperti karnaval. Tidak hanya menyuguhkan kreasi rujak uleg khas Surabaya, tetapi juga parade fashion. Satu perwakilan kelompok diminta menunjukkan kebolehan dalam kreasi busana yang dipakainya. Peserta ini akan berlenggak-lenggok di atas panggung yang disediakan panitia. “Jadi skemanya, satu orang mewakili kelompok untuk ikut parade naik panggung sesuai nomor urut. Peserta tidak boleh melakukan pose berhenti. Boleh bergaya tapi sambil jalan,” papar Kasi Pengembangan Obyek Wisata Disbudpar Surabaya Siti Nursyamsiah. 

Kategori Festival Rujak Uleg ini digolongkan dalam dua jenis peserta, umum dan hotel. Skema penilaian berbeda-beda. Sistem penilaian terbagi atas dua tahap. Tahap pertama difokuskan untuk tampilan fashion. Tahap dua, fokus ke hasil ulegan rujak. Dari 268 kelompok, tahap pertama, untuk peserta umum akan dipilih 53 kelompok terbaik berdasar kreativitas kostum dan stand. Tahap kedua dipilih 10 kelompok terbaik berdasar penyajian dan rasa rujak uleg. Untuk kategori hotel, tahap pertama dipilih 7 dari kreativitas kostum dan stand, sedangkan tahap kedua dipilih 2 penyuguh terbaik dari penyajian dan rasa rujak uleg. Peserta yang lolos di tiap tahap penilaian tidak berdasarkan peringkat. Setiap grup diwajibkan menyiapkan sepuluh porsi rujak, satu disiapkan untuk ditampilkan apabila masuk 60 besar, sembilan lainnya dibagikan ke masyarakat. (rpp/nur)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia