Jumat, 24 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Surat Suara Pemilu 2019 untuk DPRD Sidoarjo Sudah Komplet

26 Februari 2019, 14: 39: 01 WIB | editor : Wijayanto

DIKAWAL KETAT: Ketua KPU Sidoarjo M. Zainal Abidin (tengah) disaksikan polisi dan anggota Bawaslu memeriksa surat suara yang tiba di kantor KPUD Sidoa

DIKAWAL KETAT: Ketua KPU Sidoarjo M. Zainal Abidin (tengah) disaksikan polisi dan anggota Bawaslu memeriksa surat suara yang tiba di kantor KPUD Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Surat suara Pemilu 2019 untuk DPRD Sidoarjo telah diterima lengkap di KPU Sidoarjo. Kemarin (25/2), surat suara untuk daerah pemilihan (dapil) 3, 4, 5, dan 6 sudah tiba menggenapi surat suara dapil 1 dan 2 yang pekan lalu sudah dikirimkan pihak percetakan.

Total ada 1.431.526 surat suara yang dikemas dalam 2.863 boks surat suara. Surat suara tersebut dikirim lewat truk boks yang selanjutnya disimpan di gudang kantor KPU Sidoarjo di Jalan Raya Cemengkalang. “Untuk surat suara DPRD kami simpan di kantor KPU Sidoarjo,” kata Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin.

Untuk surat suara DPR RI dan presiden serta wakil presiden nantinya akan ditempatkan di gudang KPU di Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo. Sedangkan surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan DPRD Provinsi Jawa Timur akan disimpan di gudang di Desa Prasung, Kecamatan Buduran. “Tiga gudang yang disediakan sudah bisa mengakomodir semua surat suara yang dikirim,” ujarnya.

Menurut Zainal, penyortiran surat suara akan dilakukan serempak menunggu semua surat suara datang. Sebanyak 250 petugas relawan sudah siap diperbantukan untuk penyortiran. “Warga sekitar banyak yang mau dan menerima tugas penyortiran,” terangnya.

Saat surat suara dalam boks tiba, KPU Sidoarjo belum bisa membuka maupun mendata jumlah kekurangan surat suara. Hal itu baru terdata saat dilakukan penyortiran surat suara. “Nanti yang rusak maupun surat suara kurang baru bisa diketahui. Untuk saat ini kami tidak bisa membuka boksnya,” pungkasnya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia