Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Tim DLH Turunkan Tim Tangani Sampah Pinggir Jalan

25 Februari 2019, 23: 55: 46 WIB | editor : Wijayanto

BERSIH-BERSIH : Petugas DLH Gresik saat membersihkan sampah yang ada di pinggir jalan.

BERSIH-BERSIH : Petugas DLH Gresik saat membersihkan sampah yang ada di pinggir jalan. (FAHTIA AINUR ROFIQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik merespon cepat maraknya aksi buang sampah di pinggir jalan. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menerjunkan petugas untuk melakukan pembersihan sampah secara bergantian. Meski begitu, DLH berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah di pinggir jalan.

Kepala DLH Kabupaten Gresik M Najikh mengatakan pihaknya membentuk tim untuk melakukan pembersihan sampah di pinggir jalan. "Masih banyak warga yang buang sampah sembarangan di pinggir-pinggir jalan," ujarnya.

Beberapa titik yang menjadi lokasi pembuangan sampah di pinggir jalan sudah dibersihkan. Antara lain, depan tugu PKK Desa Sumber, setelah Jembatan Sembayat, TPS Benjeng serta di Jalan Raya Desa Wonokerto.

Menurut dia, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan masih kruang. Sebenarnya DLH sudah menyediakan kontainer di TPS Benjeng. Namun, masyarakat masih membuang di depan kontainer bukan memasukkannya ke dalam. Akibatnya, sampah berserakan.

Rencananya,  pembersihan sampah tepi jalan dilakukan secara bergantian. Hal itu disesuaikan  jumlah petugas kebersihan DLH. Sumber Daya Manusia (SDM) masih terbatas. " Kami akan membersihkan sampah-sampah di pinggir jalan secara bergantian. Sambil terus menghimbau warga untuk tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut," imbuh dia. (rof/han)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia