Jumat, 23 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Tahun Ini Dispenduk Target Cetak 82 Ribu KIA

23 Februari 2019, 16: 35: 47 WIB | editor : Wijayanto

Kadispendukcapil Kab Gresik Khusaini

Kadispendukcapil Kab Gresik Khusaini (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Gresik meningkatkan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Proses percetakan melibatkan Dinas Pendidikan (Dispendik). Hasilnya, hingga kini sudah ada 67 ribu anak yang telah memiliki KIA.

Pada tahun 2019 ini, Dispendukcapil menyiapkan 82 ribu keping blanko KIA. Dengan rincian, sisa stok tahun 2018 sebesar 32 ribu dan tambahan pengadaan tahun 2019 sebanyak 50 ribu keping.

Adapun dari data dari Dispendukcapil sudah ada sebanyak 11.500 KIA telah dicetak selama tahun 2017. Sedang di tahun 2018 meningkat sebanyak 51.600 KIA yang sudah dicetak.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Gresik Khusaini mengatakan untuk meningkatkan pencatatan KIA pihaknya bekerjasama dengan lembaga sekolah. Hal itu dinilai sangat efektif. "Sebab yang menjadi syarat KIA anak usia sekolah dasar, sehingga sangat perlu bekerja sama dengan setiap lembaga," ujarnya.

Dia berharap setiap tahun penerbitan pencatatan anak semakin meningkat. Hal itu agar kegunaan KIA bisa dimaksimalkan. "Kegunaanya banyak sekali, terutama banyak dilingkup pendidikan, seperti pendaftaran dan beasiswa anak," pungkasnya.

Sebelumnya, Kasi Kurikulum Sekolah Dasar Dispendik Gresik Muhammad Arifin mengatakan belum mendapatkan perintah terkat KIA digunakan sebagai syarat PPDB. Meski demikian pihaknya bakal melakukan kajian. Jika sewaktu-waktu ada interuksi dari pusat.

"Informasinya kegunaan KIA salah satunya digunakan sebagai pendaftaran, namun kami masih menunggu imbauan. Kami juga akan kordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) terkait memprakarsai," imbuh dia. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia