Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Diduga Korsleting, Rumah Nyaris Ludes Dilalap Api

23 Februari 2019, 15: 43: 38 WIB | editor : Wijayanto

PEMBASAHAN: Petugas berjibaku memadamkan api.

PEMBASAHAN: Petugas berjibaku memadamkan api. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sebuah rumah di Jalan Pagesangan II nomor 25, Kecamatan Jambangan, nyaris ludes dilalap si Jago Merah, Sabtu (23/2) sekitar pukul 10.00. Rumah tersebut milik Gunardi, warga setempat.
Informasi yang diterima Radar Surabaya, kebakaran terjadi di lantai dua rumah. Objek yang terbakar adalah tumpukan kardus dan krat telur yang terbuat dari plastik. 
Saat kebakaran terjadi, beberapa warga sekitar berupaya memadamkan api dengan alat pemadam ringan (Apar) dan peralatan lain seadanya. Namun karena api semakin cepat berkobar, usaha yang dilakukan warga tak bisa memadamkan api. 
Api pun dengan cepat membesar dan mengamuk tumpukan barang dari kardus dan krat telur. Bahkan api juga merembet dan menghanguskan atap rumah hingga merontokkan genteng. "Kami dapat kabar dari warga melalui telepon. Tujuh unit mobil PMK kami terjunkan ke lokasi," kata Kabid Operasional Dinas PMK Kota Surabaya Bambang Vistadi, Sabtu (23/2). 
Satu unit mobil dari Pos Jambangan tiba pertama di lokasi sekitar pukul 10.10. Petugas lalu berupaya masuk ke lantai dua untuk segera menjinakkan api. Hanya dalam waktu kurang dari 15 menit, api bisa dipadamkan. "Sampai pembasahan selesai dan lokasi dinyatakan kondusif sekitar pukul 10.40," lanjutnya. 
Berkat kesigapan petugas, kebakaran tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Petugas juga mampu menyelamatkan bangunan rumah sekitar 85 persen. Untuk luas area yang terbakar diperkirakan sekitar 2 x 3 meter persegi. "Diduga pemicu kebakaran karena korsleting listrik," imbuhnya. (rus/jay)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia