Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Puting Beliung Rusak 97 Rumah di Prambon

20 Februari 2019, 16: 01: 44 WIB | editor : Wijayanto

BERANTAKAN: Sejumlah rumah yang rusak serta pohon dan tiang listrik yang tumbang akibat angin puting beliung di Desa Temu, Prambon.

BERANTAKAN: Sejumlah rumah yang rusak serta pohon dan tiang listrik yang tumbang akibat angin puting beliung di Desa Temu, Prambon. (YUSRIZAL/RADAR SIDOARJO)

Share this      

PRAMBON – Hujan lebat disertai angin puting beliung menerpa sejumlah desa di Kecamatan Prambon, Senin (18/2). Puluhan rumah pun rusak akibat terjangan angin kencang. Selain Desa Temu, desa lain yang terdampak adalah Desa Wirobiting, Gedangrowo, dan Simogirang.

Dari pantauan Radar Sidoarjo, kerusakan beberapa rumah tersebut bersifat skala kecil hingga rusak berat. Kerusakan didominasi atap dan genting rumah yang porak poranda, selain itu, beberapa dinding rumah juga roboh.

“Angin kencang terjadi sekitar pukul 14.00. Puting beliung hanya berselang beberapa menit saja disertai hujan lebat,” ungkap Arifin, warga Desa Temu, Prambon.

Angin puting beliung tidak hanya merusak rumah warga, melainkan merobohkan sejumlah tiang listrik, puluhan pohon tumbang dan merusak puluhan hektare lahan perkebunan tebu. “Jumlah pohon yang tumbang lebih banyak daripada jumlah rumah yang rusak,” imbuhnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Dwidjo Prawito mengungkapkan, total rumah yang rusak akibat angin puting beliung di Desa Temu 20 rumah. Sejumlah rumah yang rusak tersebut berada di RT 01 hingga RT 04 di RW 01, yakni 9 rumah rusak. Sedangkan RT 01 hingga RT 04 di RW 2 berjumlah 11 rumah.

Pada Selasa (19/2) pagi, pihak BPBD Sidoarjo melakukan koordinasi dengan Camat Prambon, pemerintah desa, dan PLN untuk membantu proses evakuasi dan penataan ulang.

“Hari ini (Selasa, red) kami lakukan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang, serta memberikan bantuan terpal kepada warga yang rumahnya terdampak angin puting beliung,” katanya.

Selain Desa Temu, beberapa desa lain di Kecamatan Prambon juga terdampak angin puting beliung. Yaitu Desa Wirobiting dengan total kerusakan 18 rumah, Desa Gedangrowo 20 rumah yang mengalami kerusakan, dan Desa Simogirang sebanyak 39 rumah terdampak.

“Total keseluruhan, kerusakan rumah di empat desa yang berada di Kecamatan Prambon berjumlah 97 rumah,” papar Dwidjo. (yus/rek)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia