Selasa, 17 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Didampingi Suami dan Dokter, Arumi Dilantik Jadi Ketua Tim PKK Jatim

20 Februari 2019, 09: 50: 37 WIB | editor : Wijayanto

Arumi Bachsin

Arumi Bachsin (NET/INSTAGRAM)

Share this      

SURABAYA – Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dilantik menjadi Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Jatim. Pelantikan Arumi dilakukan di Gedung Negara Grahadi pada Selasa (19/2). 

Arumi datang ke Grahadi didampingi suaminya Wagub Emil Dardak dan tim dokter. Sebab sebelumnya, Arumi sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Surabaya selatan karena mengalami pendarahan hingga kandungannya harus dikuret.

Saat pelantikan, Arumi memakai baju seragam hijau khas PKK dan kerudung warna hijau. Arumi juga tersenyum dan menyapa para anggota PKK hingga tamu yang hadir. Setelah itu, Arumi pun langsung dilantik oleh Ketua Umum PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

"Selalu ada istri tangguh di balik kehebatan suaminya. Jadi di sini ibu-ibu adalah sosok istri yang tangguh," ucap Erni usai melantik Arumi Bachsin di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (19/2).

Erni pun berpesan kepada Arumi agar mampu meneruskan peran Ketua PKK sebelumnya, Nina Soekarwo. Dia juga mengatakan peran wanita di pemerintahan sangat penting untuk menjadi pendukung suami. "Perempuan harus siap menjadi motivator dan harus siap memberi solusi untuk memecahkan masalah," pesan Erni.

Seusai dilantik, Arumi Emil Dardak mengatakan bahwa banyak tantangan yang harus dilalui. Meski Arumi pernah berpengalaman sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek, namun dirinya mengaku akan selalu belajar.

"Sebetulnya berbeda sekali PKK di Trenggalek, tapi saya belajar banyak mengenai organisasinya. Saya belajar banyak mengenai program pokoknya apa saja, tetapi ketika mulai mempelajari yang ada di provinsi, tantangan kali ini berbeda sekali," aku Arumi.

Pasalnya jika di Trenggalek hanya menaungi 14 kecamatan, di Jatim, Arumi harus mengkoordinir 38 kabupaten dan kota. Arumi mengaku Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah memaparkan banyaknya tantangan di setiap kabupaten atau kota tersebut.

"Kalau di PKK ada 14 kecamatan di Trenggalek, kemudian programnya kan mengikuti program visi misi bupati dan wakil bupati. Saat ini 38 kabupaten kota dengan kultur yang ternyata beda-beda dan juga seperti yang tadi ibu gubernur sampaikan bahwa di setiap kabupaten kota memiliki tantangan dan juga prioritas masing-masing," paparnya.

Tak hanya soal itu, dalam waktu dekat ini Arumi akan berfokus pada 10 program pokok PKK. Selain itu dia akan membuka diri dan menerima setiap masukan dari PKK kabupaten dan kota.

"Sehingga mungkin PKK provinsi akan fokus dalam hal itu. Tetapi tidak boleh dilupakan juga tantangan-tantangan yang dihadapi oleh masing-masing kabupaten/kota sehingga kita PKK provinsi harus juga mau membuka tangan dan masukan dari PKK Kabupaten/Kota mengenai prioritas apa saja yang mereka hadapi. Sehingga provinsi seyogyanya bisa mensuport dan juga memfasilitasi," kata mantan artis peran itu. (gin/jay)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia