Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Tolak RUU Permusikan, Gelar Aksi di depan DPRD Jatim

19 Februari 2019, 08: 27: 58 WIB | editor : Wijayanto

SAMBIL BERNYANYI:  Para musisi menggelar aksi damai penolakan RUU Permusikan di Jalan Indrapura, Surabaya, Senin (18/2). Mereka menolak rencana penges

SAMBIL BERNYANYI: Para musisi menggelar aksi damai penolakan RUU Permusikan di Jalan Indrapura, Surabaya, Senin (18/2). Mereka menolak rencana pengesahan RUU Permusikan yang saat ini sedang digodok di DPR-RI. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Beberapa kelompok yang mengatasnamakan komunitas pemusik Suara Merdeka Se-Jatim menggelar aksi unjuk rasa di sepanjang Jalan Indrapura Surabaya, Senin (18/2). Demontrasi tersebut dilakukan sebagai buntut aksi penolakan atas RUU permusikan yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan.

Dengan membawa beragam poster penolakan RUU permusikan. Para demonstran menilai tidak ada urgensi bagi DPR dan Pemerintah untuk membahas serta mengesahkan RUU Permusikan untuk menjadi undang-undang. Sebab, draf RUU Permusikan dinilai menyimpan banyak masalah yang berpotensi membatasi, menghambat dukungan perkembangan proses kreasi dan justru merepresi para pekerja musik.

Ndimas Narko Utomo, salah satu anggota koalisi mendukung upaya menyejahterakan musisi dan terbentuknya ekosistem industri musik yang lebih baik. Namun dengan tidak mengesahkan RUU Permusikan.

“Saya berpendapat bahwa draft rancangan UU permusikan yang diajukan DPR RI tidak cukup komprehensif. Draft RUU permusikan ini gagal membuka ruang kolaborasi antar pelaku kreatif seni musik, pemerintah, Universitas, akademisi dan institusi masyarakat sipil yang memiliki kekayaan intelektual dalam dunia seni dan permusikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ndimas menjelaskan bahwa terdapat kekurangan yang fundamental dalam pasal 5 RUU Permusikan. Pasalnya dalam RUU ini justru memberikan peluang pengekangan dan represifitas kebebasan berekspresi yang telah dijamin dalam UUD RI. (aji/rud)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia