Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Deadline Penyerahan Paspor Haji

Dari 2.228 CJH, Baru 420 yang Setor Paspor

19 Februari 2019, 08: 20: 54 WIB | editor : Wijayanto

DIPERCEPAT: Kegiatan pengurusan paspor khusus haji dilayani di Kantor ULP Imigrasi Kabupaten Gresik sepekan terakhir.

DIPERCEPAT: Kegiatan pengurusan paspor khusus haji dilayani di Kantor ULP Imigrasi Kabupaten Gresik sepekan terakhir. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Sudah seminggu ini, ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) mengurus paspor untuk keberangkatan mereka di Kantor Urusan Layanan Paspor (ULP) Imigrasi Gresik. Untuk itu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik meminta  CJH segera menyerahkan paspor.

Penyerahan paspor dideadline oleh Kantor Kemenag Gresik hingga 31 Maret mendatang. Mereka tidak ingin ada jamaah yang menyerahkan paspor mendekati hari keberangkatan. Sebab, ini bisa mengganggu proses keberangkatan terutama pengurusan visa haji.

Dari data yang berhasil dihimpun, hingga kini baru sekitar 420 orang CJH yang telah menyerahkan paspor. Padahal, jumlah CJH yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini sekitar 2.232 orang. Sehingga, masih ada 1.812 orang CJH yang belum menyerahkan paspornya kepada Kemenag.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Gresik Hamdun mengatakan pihaknya memang meminta jamaah untuk menyerahkan paspornya terlebih dahulu. Tujuannya agar pembuatan visa juga lebih cepat.

Termasuk jika ada permasalahan administrasi seperti nama berbeda bisa segera diurus di Pengadilan Agama (PA). Pihaknya tidak mau jika ada JCH yang mengumpulkan paspor mepet dengan jadwal pemberangkatan. “Itu akan mempersulit kinerja Kemenang,” ungkap dia.

Selain itu, untuk pemeriksaan kesehatan CJH, pihaknya menyerahkan kewenangan ke Dinas Kesehatan. Namun sesuai informasi yang diperoleh saat ini tahap pemeriksaan sudah mencapai validasi. Yaitu penentuan istitaah. “Sudah tahap ke dua untuk pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

Ditambahkan, pihaknya meminta agar CJH bisa mengikuti seluruh tahapan yang telah ditetapkan kemenag. Sehingga, proses keberangkatan mereka ke tanah suci bisa lebih lancar. “Iya, himbauan kami agar CJH bisa mengikuti seluruh proses tahapan yang ada dengan sebaik-baiknya,” imbuh dia. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia