Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Operasikan Dua Mobil Penyapu Jalan, Bersihkan Sampah Lebih Cepat

17 Februari 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Wijayanto

TEROBOSAN: Mobil penyapu jalan DLHK saat membersihkan debu di Jalan Pahlawan.

TEROBOSAN: Mobil penyapu jalan DLHK saat membersihkan debu di Jalan Pahlawan. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK) Sidoarjo memiliki cara baru untuk membersihkan jalan raya. Dua unit mobil penyapu jalan atau multipurpose suction sweeper sudah dioperasikan. Sabtu (16/2), mobil penyapu itu sudah tampak beroperasi di Jalan Pahlawan.

Kepala DLHK Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, dua mobil penyapi jalan itu dibeli menggunakan APBD 2018. Harganya sekitar Rp 1,5 miliar per unit. Sebelum dioperasikan, mobil tersebut sudah diuji coba selama sepekan.

Sigit menyebutkan, pembersihan jalan menggunakan mobil tersebut lebih efektif dan efisien. Sebab selain bisa menyapu dan menyedit debu juga bisa menyedot sampah. Kecepatannya 10 kilometer per jam dengan kekuatan beroperasi hingga empat jam.

Dalam mobil penyapu jalan tersebut terdapat sapu, vakum, dan kantong yang mampu menampung sampah hingga 1 ton. "Sampah langsung masuk ke kantong," ujar Sigit.

Pada bagian depan dan belakang juga sudah dilengkapi kamera yang bisa dilihat dari tempat kemudi. Dengan begitu, bila masih ada sampah bisa langsung dibersihkan. Mobil ini untuk sementara hanya dioperasikan di pusat kota. Selain rutin setiap pagi dan sore, juga digunakan ketika ada acara. "Selesai acara bisa bersih lebih cepat," imbuhnya.

Dengan kehadiran mesin tersebut, pihaknya tidak membutuhkan banyak tenaga. Selain itu juga tidak memerlukan waktu lama. (nis/rud)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia