Jumat, 26 Apr 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Bawaslu Tolak Gugatan Rifai, Tetap Dicoret Jadi Caleg

15 Februari 2019, 13: 00: 53 WIB | editor : Wijayanto

PASRAH: M Rifai saat mengikuti sidang putusan ajudikasi di Bawaslu Sidoarjo.

PASRAH: M Rifai saat mengikuti sidang putusan ajudikasi di Bawaslu Sidoarjo. (VEGA DWI ARISTA/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Mohammad Rifai sebagai calon legislatif (caleg) DPRD Sidoarjo dari Partai Gerindra akhirnya resmi dicopot. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo menolak gugatan atas keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo terkait pencopotan Rifai sebagai caleg. 

Putusan final diambil dalam sidang ajudikasi dengan agenda putusan, Kamis (14/2), di kantor Bawaslu Sidoarjo, yang dipimpin ketua majelis Agung Nugroho. M Rifai beserta tim penasihat hukumnya serta termohon yang diwakili oleh Ketua KPU Mokh Zainal Abidin hadir dalam sidang yang dimulai sekitar pukul 14.30. 

Dalam pertimbangannya, Agung menyebutkan bahwa keputusan KPU Sidoarjo sudah tepat. Sejumlah bukti yang disampaikan oleh KPU sesuai dengan peraturan perundang-undangan. “Dari sejumlah pertimbangan yang disampaikan pemohon maupun termohon, kami menolak gugatan pemohon,” kata Agung. 

Dia mengungkapkan, bukti petikan putusan dari Mahkamah Agung menjadi dasar pencopotan M. Rifai sebagai caleg. Apalagi, putusan tersebut memberikan vonis enam bulan penjara. “Kami memberikan waktu hingga lima hari bagi pemohon untuk melakukan upaya hukum ke PTUN,” tegasnya. 

Penasihat hukum Rifai, Yunus Susanto, mengatakan, kecewa dengan putusan dari Bawaslu Sidoarjo. Menurut dia, Bawaslu tidak mempertimbangkan masukan dari saksi ahli terkait petikan putusan yang jadi dasar untuk mencopot Rifai sebagai caleg. “Salinannya belum turun. Kejari Sidoarjo pun tidak bisa eksekusi,” tegasnya. 

Yunus menyatakan akan berkoordinasi dengan tim penasihat hukum untuk melakukan upaya gugatan ke PTUN Surabaya. Selain itu, pihaknya akan melayangkan gugatan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). “Masih ada waktu sedang kami pertimbangkan,” tegasnya. (vga/rek) 

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia