Sabtu, 20 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Bank Syariah Fokus Pembiayaan Perumahan

13 Februari 2019, 17: 25: 42 WIB | editor : Wijayanto

FOKUS KPR: Perbankan syariah lebih memfokuskan pada pembiayaan KPR tahun ini.

FOKUS KPR: Perbankan syariah lebih memfokuskan pada pembiayaan KPR tahun ini. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Sejumlah bank syariah di Kota Gresik berharap pertumbuhan pembiayaan KPR tahun ini lebih baik dibanding 2018. Jika itu terjadi, akan mendorong pertumbuhan pembiayaan bank syariah pada 2019.

Kepala Cabang Bank BNI Syariah, Heni Wiyono mengatakan, optimis tahun ini penyaluran kredit KPR pertumbuhan bisnis KPR didorong oleh permintaan pembiayaan perumahan yang mulai naik awal tahun ini.

“Pada tahun 2018 penyaluran kredit KPR mencapai Rp 98 miliar. Tahun ini kami proyeksinya bisa mencapai Rp 130 miliar,” ujarnya.

Dikatakan, untuk meningkatkan bisnis KPR bank syariah sudah mempunyai beberapa strategi. Di antaranya dengan mengincar porsi lebih besar di KPR menengah kebawah. “Saat ini kami mengincar pembiayaan ke rumah di bawah Rp 1 miliar dan KPR subsidi. Disamping juga mengincar pembiayaan KPR di pinggiran kota,” jelasnya.

Heni juga mengaku, pihaknya akan fokus ke pembiayaan rumah pertama dan berusaha meningkatkan kerjasama dengan pengembang dan institusi baik pemerintah maupun swasta. Dia berharap pertumbuhan pembiayaan ini diikuti oleh terjaganya kualitas pembayaran kredit.

Kepala Bank Mandiri Syariah Gresik, Arief Budiawan mengungkapkan, pihaknya selama ini fokus ke pembiayaan perumahan. Sedangkan segmen nasabah yang diincar adalah KPR syariah kelas menengah dengan plafon sebesar Rp 1 miliar.

“Kami juga bermain untuk KPR subsidi untuk mendukung program pembiayaan pemerintah disamping juga menyaluran pembiayaan ke segmen kepemilikan flat atau apartemen,” tandasnya. (fir/ris)

(sb/fir/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia