Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Ditukar Durian, Motor Vario Dibawa Kabur

12 Februari 2019, 14: 31: 26 WIB | editor : Wijayanto

BANYAK AKAL: Muis (kaos hitam) dan motor Vario milik korban yang dibawanya kabur.

AKAL BULUS: M Muis (kaos hitam) di samping motor yang digelapkannya saat berada di Polsek Gayungan. (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pelaku kejahatan memiliki berbagai macam modus untuk memperdayai korbannya. Seperti M Muis, 30, berhasil membawa kabur motor kobannya yang ditukar dengan buah durian.

Muis yang berasal dari Sumbermangka, Klaban, Sumenep bertemu dengan korban, M Mursyid, 31, warga Desa Bukabu, Ambunten, Sumenep, di sebuah warung kopi di Jalan Kertomenanggal, Gayungan, Surabaya, Minggu (27/1).

Karena sama-sama dari satu daerah, keduanya langsung terlibat perbincangan gayeng. Hingga akhirnya Muis  mengutarakan niatnya meminjam motor Honda Vario nopol M 3284 XA warna hitam milik korban.

Muis mengku memiliki sejumlah kios buah durian di daerah tersebut. Kepada korban, Muis beralasan motor yang dipinjamnya untuk mengontrol kios. Selanjutnya, Muis memberi korban buah durian yang dibawanya.

Tanpa curiga, korban menyerahkan motornya. "Korban diberi buah durian, lalu motornya dipinjam pelaku. Namun malah dibawa kabur dan digelapkan," kata Kanit Reskrim Polsek Gayungan, Iptu Philips R Lopung.

Setelah ditunggu tak kunjung kembali, korban kebingungan dan melaporkan kasus tersebut ke Polsek Gayungan. Menindaklanjuti laporan tersebut, tim Unit Reskrim melakukan penyelidikan. Hasilnya, motor dan pelaku diketahui berada di Jember.

Polisi pun melakukan pengejaran dan berhasil menangkap pelaku. "Pelaku dan barang bukti akhirnya kami bawa ke mako," jelasnya.

Berdasar hasil pemeriksaan, antara pelaku dan korban tidak saling kenal. Pelaku mengaku menipu korban dengan modus tersebut dengan dalih supaya bisa memiliki motor korban. Atas perbuatannya, Muis dijerat pasal 378 Jo 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dengan penggelapan. (rus/rtn)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia