Kamis, 12 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

KPU Siapkan Tiga Gudang Tampung Surat Suara

11 Februari 2019, 22: 54: 23 WIB | editor : Wijayanto

Angggota KPU meninjau gudang

Angggota KPU meninjau gudang (ISTIMEWA)

Share this      

SIDOARJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menyiapkan tiga gudang untuk penyimpanan surat suara Pemilu 2019. Surat suara yang dijadwalkan tiba pada 20 Februari tersebut akan disimpan di gudang kantor KPU Sidoarjo di Desa Lebo dan Prasung.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin mengatakan, pengiriman surat suara akan lebih banyak karena pelaksanaan lima pencoblosan di lima surat suara untuk setiap pemilih. Sebanyak tiga gudang yang dipersiapkan juga untuk pelaksanaan penyortiran surat suara. “Surat suara yang datang akan kita bagi di tiga gudang,” katanya, Minggu (10/2).

Dia mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 200-250 pekerja di setiap gudang. Pekerja tersebut akan menyortir dan memiliah kebutuhan surat suara setiap daerah pemilihan (dapil). “Karena rawan tertukar untuk dapil,” ujarnya.

Surat suara yang datang sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.397.570 ditambah dua persen dikalikan lima. Karena itu, butuh ruang dan pekerja yang banyak dibandingkan penyortiran pada Pemilu 2014. “Kita butuh kecermatan untuk melakukan penyortiran,” terangnya.

Menurut Zainal, dibutuhkan waktu sekitar tiga hari bagi pekerja untuk menyortir surat suara yang datang nanti. Setelah rampung, nantinya KPU mempersiapkan untuk pembagian di 5.579 TPS. “Kita harap tidak ada masalah atau surat suara rusak,” pungkasnya. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia