Minggu, 22 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Diduga Korsleting Listrik, 28 Kios Pasar Kilometer Perak Terbakar

11 Februari 2019, 20: 56: 22 WIB | editor : Wijayanto

DIDUGA KORSLET: Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya melakukan pemadaman di kios yang terbakar.

DIDUGA KORSLET: Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya melakukan pemadaman di kios yang terbakar. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SIRABAYA)

Share this      

SURABAYA - Sebanyak 28 kios dan lapak di Pasar Kilometer, Jalan Teluk Nibung, Kelurahan Perak Barat, Kecamatan Pabean Cantikan terbakar, Senin (11/2) sore. Api dengan cepat membakar puluhan lapak di lokasi tersebut.

Sebanyak 11 mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya beserta mobil Skylift serta lima unit mobil PMK dari PT Pelindo III ikut memadamkan kebakaran tersebut.

Beruntung, kebakaran tidak sampai merambat ke kios lainnya. Namun sekitar 30 persen kios di pasar tersebut terimbas kebakaran.

LUDES: Petugas pemadam kebakaran melakukan pembasahan saat kebakaran melanda kios di Jalan Teluk Nibung, Perak Utara.

LUDES: Petugas pemadam kebakaran melakukan pembasahan saat kebakaran melanda kios di Jalan Teluk Nibung, Perak Utara. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Kapolsek Pabean Cantikan AKP Mellysa Amalia mengatakan, kebakaran tersebut diduga berasal dari korsleting listrik di salah satu kios.

Salah satu pedagang yang sempat ditanya bernama Rustin mengaku kebakaran berawal dari percikan api dari listrik di atas salah satu kios. Diduga listrik yang korslet tersebut ada di kios rokok. "Pengakuannya ia melihat percikan api dari kabel listrik hingga akhirnya terjadi kebakaran," katanya.

Kebakaran tersebut diduga terjadi sekitar pukul 15.45. Warga yang mengetahui kebakaran tersebut sempat melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil hingga api terus merambat.

Belasan mobil Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya berada di lokasi dan melakukan pemadaman. Mereka mengoperasikan unit Skylift yang akhirnya bisa memadamkan api dari atas bangunan lapak. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30.

AKP Mellysa mengatakan, pasar tersebut terdiri dari lapak dan kios yang saling membelakangi. Satu kios di belakangnya ada tiga kios lagi. "Di belakang kios ada kios lagi. Dibelakangnya, ada kios lagi," katanya.

Sampai pukul 18.00 tadi malam, petugas pemadam kebakaran masih melakukan pembasahan. Polisi juga melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran. (gun/jay)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia