Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Tersangka Ratusan Pil LL Hendak Terima 50 Gram Sabu

09 Februari 2019, 01: 39: 26 WIB | editor : Wijayanto

NAPI: Tersangka Nanang Mujiono (baju tahanan) diamankan di Mapolda.

NAPI: Tersangka Nanang Mujiono (baju tahanan) diamankan di Mapolda. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Tertangkapnya tersangka pembawa pil LL di dalam jok sepeda motor memunculkan beberapa fakta baru. Selain polisi menemukan 232 ribu butir pil LL di kontrakan tersangka Nanang Mujiono, 40, di Jalan Bangunrejo VI, Kelurahan Dupak, Krembangan, juga diketahui ternyata ia dijalankan oleh napi kasus narkoba di salah satu lembaga pemasyarakatan (lapas) di Jawa Timur. Polisi masih dalam proses untuk menyidik napi yang masih dirahasiakan namanya ini.

Kasatresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP M Yasin mengatakan, tersangka memang dijalankan oleh salah satu napi di lapas. Tersangka hanya mendapat kiriman dan diminta untuk mengirim ke lokasi yang sudah ditentukan. Sebelumnya tersangka mengambil pil sebanyak 350 ribu butir pil tersebut di sekitar wilayah Wonoayu, Sidoarjo. Selanjutnya ia diminat mengirim ke beberapa tempat. "40 bungkus sudah dikirim ke Malang, delapan ke Kediri, ada 10 bungkus diambil oleh orang yang tidak tersangka kenal. Semua dijalankan atas perintah napi tersebut," terangnya.

Tidak hanya itu saja, rencananya sebelum tertangkap tersangka hendak mendapat sabu. Sabu tersebut juga rencananya akan dikirim untuk dijual oleh tersangka. Tidak tanggung-tanggung, ada 50 gram sabu yang hendak diperoleh tersangka untuk dipasarkan. Namun, karena ditangkap lebih dulu maka pengiriman sabu tersebut tidak jadi terlaksana. "Kami sempat menunggu kiriman itu namun batal dilakukan. Mungkin sudah mendengar jika tersangka tertangkap," ujarnya.

Pengakuan AKP Yasin dalam penangkapan tersebut tim khusus yang diterjunkan harus mengendap-endap agar tersangka tidak mencium keberadaan polisi. Mereka harus masuk ke selokan hingga akhirnya menggerebek rumah tersangka. Tersangka sempat mencoba kabur namun beruntung anggotanya berhasil mengepungnya. "Kami sudah antisipasi kemungkinan tersangka mencoba melarikan diri. Akhirnya berhasil kami amankan," tuturnya.

Seperti diketahui sebelumnya seorang pengendara sepeda motor yang dihentikan Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak pada Senin (4/2) dinihari melarikan diri. Ia memilih meninggalkan sepeda motornya. Setelah diperiksa ternyata ada tiga kantong plastik pil LL di dalam jok sepeda motor. Selang sehari pengendara motor diamankan Satresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Perak dengan barang bukti 232 ribu pil LL yang disimpan dalam dua tong plastik.(gun)

(sb/gun/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia