Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Gresik
Yoko Prihandy Endarto Perajin Lampu Hias

Pinjam Modal ke Nenek, Bikin Lebih Minimalis

08 Februari 2019, 19: 13: 34 WIB | editor : Wijayanto

ULET: Salah satu perajin lampu hias, Yoko Prihandy Endarto  membuat lampu hias dengan konsep damar kurung.

ULET: Salah satu perajin lampu hias, Yoko Prihandy Endarto membuat lampu hias dengan konsep damar kurung. (FAJAR YULI YANTO/RADAR GRESIK)

Share this      

Meski disibukkan dengan pekerjaannya sebagai karyawan Swabina Gatra, Semen Indonesia, Yoko Prihandy Endarto masih semangat untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan produksi lampu hias berbahan paralon, kini hasil kreasinya itu sudah banyak diminati wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Fajar Yuliyanto-Wartawan Radar Gresik

Bermula dari tayangan youtube, Yoko Prihandy Endarto mulai rajin membuat lampu hias dari paralon. Dari hanya untuk bisnis sampingan, kini hasil karyanya ternyata sangat menjanjikan.. “Untuk modal usaha, saya pinjam uang ke nenek,” kata dia.

Usaha itu untuk menambah kebutuhan keluarganya yang makin meningkat. Peluang usaha lampu hias sangat besar di Gresik seiring dengan pertumbuhan perumahan baru. Ia pun yakin peluang itu dapat membantu mencukupi kebutuhan rumah tangga.

Dikatakannya, cara pembuatannya yakni untuk menemukan motif berkonsep minimalis karena banyak rumah berkonsep minimalis di Gresik. Konsep itu dituangkan dalam bentuk paralon yang dibentuk lubang. Kemudian, dibuat kotak panjang serta kotak berbentuk segitiga. “Bentuknya lampu hias ini mirip damar kurung sebagai ciri khas Gresik,” jelasnya.

Untuk pembuatannya dibagi menjadi beberapa ukuran. Misalnya, ukuran 4 in dan  panjang 30 cm, 3 in dan 25 cm dan lain sebagainya.  

Saat ini, ia sudah memiliki toko lampu hias sendiri.. “Saya berherap pemerintah memberi fasilitas dan pelatihan kepada UKM Gresik, supaya bisa mandiri, “ ungkapnya. (*/han)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia