Sabtu, 25 May 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Perbaikan Dermaga Bawean Butuh Waktu Sebulan

08 Februari 2019, 19: 09: 05 WIB | editor : Wijayanto

BERHENTI: Aktivitas di Pelabuhan Bawean terlihat sepi setelah dermaganya rusak diterjang Kapal Gili Iyang.

BERHENTI: Aktivitas di Pelabuhan Bawean terlihat sepi setelah dermaganya rusak diterjang Kapal Gili Iyang. (ISTIMEWA)

BAWEAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gresik terus melakukan komunikasi dengan PT ASDP terkait proses perbaikan sementara dermaga Bawean yang rusak. Dari hasil koordinasi awal, proses perbaikan membutuhkan waktu hingga satu bulan.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Kabupaten Gresik Roni Soebiyantoro mengatakan untuk proses perbaikan sementara akan dilakukan oleh PT ASDP selaku pemilik Kapal Gili Iyang. “Dari hasil koordinasi awal perbaikan sementara butuh waktu satu bulan,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, sebelum perbaikan dimulai dari PT ASDP sendiri perlu melakukan komunikasi dengan manajemen pusat sebelum perbaikan dilakukan. “Yang pasti kami tetap upayakan secepatnya perbaikan sementara bisa dilakukan,” terang dia.

Ditambahkan, nanti perbaikan sementara hanya dilakukan dengan merobohkan sekalian dermaga yang rusak akibat diterjang Kapal Gili Iyang. “Dengan dirobohnya secara keseluruhan, maka breasting dolphin yang tidak rusak bisa tetap digunakan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Transportasi Pulau Bawean kembali bermasalah. Kali ini giliran kapal barang yang dipastikan tidak bisa berlayar. Penyebabnya pelabuhan di Bawean mengalami kerusakan setelah ditabrak Kapal Gili Iyang.

Kerusakan dermaga terjadi disalah satu breasting dolphin yang digunakan untuk bersandarnya kapal. Tiang penyangga breasting dolphin hampir roboh setelah ditabrak Kapal Gili Iyang beberapa waktu yang lalu.

Camat Sangkapura Abdul Adim membenarkan hal tersebut. Memang dermaga kapal barang rusak setelah ditabrak kapal Gili Iyang. "Iya kami sudah dapat informasi terkait kejadian tersebut. Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik juga sudah mendapatkan laporan," ujarnya. (rof)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia