Senin, 26 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Gresik

Kuliner Kelan Sembilang Jadi Buruan Warga Luar Kota

08 Februari 2019, 19: 04: 09 WIB | editor : Wijayanto

KELAN SEMBILANG: Kuliner Kelan Sembilang khas pesisir Gresik.

KELAN SEMBILANG: Kuliner Kelan Sembilang khas pesisir Gresik. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Kuliner olahan kelan Sembilang Pak Kasan sudah tak asing lagi dimata pecinta kuliner. Meski jarak rumah makan berada 30 km dari Kota Gresik, olahan ikan laut itu diburu pecinta kuliner.

Berada di Desa Mengare, Kecamatan Bungah, kelan Sembilang Pak Kasan tak pernah sepi dari penggemarnya. Tak hanya warga biasa, kudapan lezat itu juga digemari para penjabat hingga turis mancanegara.

Olahan kelan sembilang sendiri sepintas seperti asam-asam kelo kuning. Memang terlihat tidak jauh berbeda dengan asam-asam atau gulai. Namun warga Gresik biasa menyebutnya kelan atau keloan.

"Di sini hanya menjual kelan sembilang saja. Kalau yang paling laris di bagian kepalanya sembilang. Itu banyak diburu pecinta kuliner," ungkap Kasan pemilik warung.

Kasan menjelaskan, dalam sehari dia bisa menjual ratusan porsi kelan sembilang. Dia menyebut, olahan kuliner ini banyak diburu penggemar karena keunikan rasanya yang memadukan antara asam, gurih dan pedas.

"Perpaduan rasanya khas Gresik ada asam dan pedas. Ditambah lagi bumbu rempah-rempah yang membuat lezat," ungkapnya.

Selain masakannya yang menaklukkan lidah, suasana warung makan tersebut menyuguhkan nuansa alam karena letaknya yang berada di tengah-tengah tambak dan persawahan.

Sehingga semakin membuat pengunjung merasa betah. Tidak sedikit pengunjung yang mengaku, ingin kembali mencicipi kelan sembilang di warung tersebut.

"Selain rasanya enak dan maknyus. Suasannya disini enak. Adem juga nuansa alamnya terasa karena pinggir sawah dan tambak," ungkap salah satu pengunjung di warung  kelan sembilang, Rahmat , 35 , warga dari Surabaya.

Untuk mendapatkan kudapan lezat itu, warung kelan sembilang Pak Kasan di Gresik itu mematok harga yang terjangkau. Seporsi kelan sembilang dan nasi hangat hanya berkisar Rp 25 ribu hingga Rp 45 ribu tergantung besar dan kecilnya kepala ikan.(yud/rof)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia