Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

DB Kini Banyak Ditumpangi Penyakit Lainnya

02 Februari 2019, 14: 39: 13 WIB | editor : Wijayanto

DAPAT BINGKISAN: Salah satu pasien DB sedang dirawat di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG)

DAPAT BINGKISAN: Salah satu pasien DB sedang dirawat di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG) (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Musim penghujan identik dengan penyakit demam berdarah (DB).  Beberapa minggu terakhir jumlah pasien DB meningkat drastis. itupula yang terliha di Rumah Sakit Petrokimia Gresik (RSPG). Tercatat akhir Desember 2018 sudah mencapai 7 pasien DB.

Kepala Bidang Pelayanan Medis Rawat Inap RSPG, dr Edwin Hafiz mengatakan jika warga yang memiliki ciri-ciri panas mencapai 39 hingga 40 derajat celcius selama 2 hingga 7 hari maka orangtua harus waspada. “Biasanya naik turun. Hari ketiga sampai hari kelima turun naik dan hari ke enam sampai 7 naik terus. Ada baiknya langsung dibawa ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk diperiksa,” ungkap Edwin.

Dulu, DB murni hanya demam, Namun, kini DB sering diiringi penyakit lainnya seperti batuk dan pilek. “Bagi yang terkena DB bisa dilihat dari panas tinggi atau dari gusi yang keluar darah serta bisa juga dari hidung mimisan dan muntah darah. Jadi kalau sudah terjadi dengan tanda – tanda dan ciri – ciri tersebut maka segera untuk  periksa ke RS maupun klinik terdekat,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, dr Endang Puspitorini mengatakan  pihaknya terus melakukan sosialisasi untuk mengaplikasikan 3 M yaitu menguras penyimpanan air, menutup penampungan air dan membuang barang bekas yang dapat menampung air. “Kami selalu mengingatkan untuk terus ingat pada 3M, agar terhindar dari DB, “ kata Endang. (jar/han)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia