Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Revitalisasi Terminal Joyoboyo Tuntas Akhir Tahun 2019

01 Februari 2019, 18: 01: 21 WIB | editor : Wijayanto

MODERN: Revitalisasi Terminal Joyoboyo akan tuntas pada akhir tahun ini.

MODERN: Revitalisasi Terminal Joyoboyo akan tuntas pada akhir tahun ini. (DOK/JPG)

Share this      

SURABAYA – Pembangunan Stasiun Intermoda dan Park and Ride di Terminal Joyoboyo kini sudah memasuki tahap lantai tiga. Proyek senilai Rp 170 miliar tersebut ditargetkan akan selesai pada Desember 2019 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat mengatakan, kini pembangunan masih dalam tahap konstruksi. “Jadi ini masih kontruksi saja di lantai tiga. Untuk terminal Joyoboyo tahun ini kita selesai. Akhir tahun ini sudah bisa dioperasikan,” kata Irvan, Jumat (1/2).

Proyek revitalisasi lima lantai ini terus dikebut oleh Dishub Surabaya. Irvan mengatakan, Terminal Joyoboyo nantinya akan disiapkan sebagai tempat untuk Suroboyo Bus di lantai bawah. “Lantai bawah itu yang dulunya untuk trem sama bus tetap kami siapkan,” katanya.

Untuk pengoperasian dan kapasitasnya,  selain utuk Suroboyo Bus di lantai pertama, nantinya akan ditempati bus kota dan pariwisata Kebun Binatang Surabaya (KBS). Sedangkan lantai dua dan tiga difungsikan untuk MPU/angkot dan di lantai empat sampai lima akan digunakan sebagai alih moda kendaraan pribadi.

“Jadi terminal Joyoboyo nanti bisa juga dibuat parkir kendaraan, selain buat kendaraan umum juga untuk kendaraan pribadi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Ery Cahyadi mengatakan, untuk nilai proyek yang diserap di tahun 2018 sebanyak Rp 57,179 miliar dengan pembangunan lantai pondasi, lantai dasar, dan pemancangan tiang.

Sedangkan pada tahun 2019, nilai yang tersisa Rp 138,451 miliar dengan pembangunan lantai satu sampai dengan empat, dan finishing. Sedangkan untuk kapasitas satuan ruang parkir (SRP) per lantai, Terminal Joyoboyo diperkirakan mampu menampung kendaraan R4 sebanyak 321 SRP, roda dua atau motor ada 500 SRP, bus pariwisata sekitar 8 SRP, dan MPU/angkot 8 SRP. Selain itu ada juga untuk sepeda angin sekitar 100 SRP.

“Target kami akhir tahun tuntas. Insya Allah Desember selesai. Prosesnya sekarang masih dalam tahap pembangunan di lantai tiga, yang rencannya untuk MPU/angkot,” jelasnya. (gin/jay)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia