Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Tunggu Salinan Putusan Kasasi, Jaksa Siap Eksekusi Rifa’i

29 Januari 2019, 17: 11: 58 WIB | editor : Wijayanto

Mohammad Rifa’i

Mohammad Rifa’i (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Hingga Senin (28/1) Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo dan Kejari Sidoarjo belum menerima salinan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) terkait perkara Mohammad Rifa’i. Namun, kejaksaan siap melakukan eksekusi jika salinan putusan tersebut sudah turun.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangangi kasus Rifa’i di PN Sidoarjo, Rochida Alimartin, mengaku belum menerima salinan putusan dari MA. Surat yang masuk ke Kejari Sidoarjo hanya berupa petikan putusan yang menyatakan bahwa anggota DPRD Sidoarjo nonaktif itu dihukum enam bulan penjara. “Hanya petikan dua lembar saja. Salinannya belum,” kata Rochida.

Karena salinan putusan MA belum turun, dirinya belum bisa melakukan eksekusi. Koordinasi dengan pimpinan terus dilakukan terkait tindak lanjut dari kasus tersebut. “Salinannya (putusan) masih belum ada hingga sekarang (kemarin),” ujarnya.

Kajari Sidoarjo Budi Handaka menegaskan, selama salinan putusan dari Rifa’i belum turun, pihaknya tidak bisa melakukan eksekusi. Karena itu, hingga saat ini Kejari Sidoarjo masih tunggu bola terkait proses eksekusi. “Kami tidak bisa hanya berpedoman pada petikan putusan,” jelasnya.

Menurut dia, salinan putusan dari MA menjadi dasar jaksa dalam melakukan eksekusi. Dengan dasar hukum baru pelaksanaan eksekusi bisa dilakukan. “Di saat ada surat salinan putusan kami langsung bergerak (eksekusi),” ucapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Humas PN Sidoarjo I Ketut Suarta. Dia mengungkapkan, salinan putusan terdakwa Rifa’i belum turun. “Masih petikan saja,” katanya.

Seperti diketahui, KPU Sidoarjo telah mencoret Mohammad Rifa’i dari daftar calon legislatif DPRD Sidoarjo. Pencoretan tersebut didasari hasil petikan putusan yang diterima dari MA. Rifa’i diputus hukuman penjara selama enam bulan. Saat ini Rifa’i yang menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Sidoarjo masih menjadi anggota DPRD Sidoarjo non aktif. (vga/rek)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia