Selasa, 15 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Musim Hujan, Gangguan Listrik Meningkat, PLN Standby

26 Januari 2019, 11: 39: 43 WIB | editor : Wijayanto

CEKATAN: Petugas PLN mengganti kabel listri bermasalah di Desa Kepuhkiriman, Waru.

CEKATAN: Petugas PLN mengganti kabel listri bermasalah di Desa Kepuhkiriman, Waru. (FARIS/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Gedangan sigap membenahi jaringan listrik yang mati akibat terkena hujan di Dusun Kriman Masjid, Desa Kepuh Kiriman, Kecamatan Waru.

Sebelas petugas langsung turun ke lapangan. Imam Saudi, koordinator teknisi, mengatakan, matinya listrik akibat perpindahan kabel listrik karena adanya pembangunan sebuah rumah berlantai dua.

Perpindahan tersebut dibarengi juga dengan pemasangan pipa pada kabel listrik yang terbuka. Ini menyebabkan pipa kabel meleleh dan terkena air hujan.

“Pemasangan pipa itu tanpa sepengetahuan PLN. Tidak ada izin atau komunikasi sebelumnya. Jadi, aliran listriknya terganggu,” katanya, Jumat (25/1).

Petugas akhirnya melakukan reconnecting listrik sekaligus melakukan pemeliharaan papan hubung bagi tegangan rendah (PHBTR). Juga mengganti titik sambung baru terhadap aliran listrik yang bermasalah.

Imam mengatakan, kejadian semacam itu sering terjadi di kawasan padat penduduk di Kabupaten sidoarjo. Sejumlah warga yang melakukan pembangunan rumah berlantai dua sering kali tidak berkoordinasi dengan PLN. Akibatnya, arus listrik tidak berjalan normal.

Selain itu, cuaca buruk yang disertai petir dan pepohonan yang tumbang mengakibatkan jumlah kerusakan arus listrik akhir-akhir ini meningkat. Ia meminta masyarakat segera malapor kepada PLN agar segera dilakukan perbaikan. Khususnya masyarakat yang sedang membangun rumah. (far/rek)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia