Rabu, 26 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Puting Beliung Hajar 2 Desa di Kecamatan Dukun, Gresik

25 Januari 2019, 14: 53: 00 WIB | editor : Wijayanto

TAK BERATAP LAGI: RUSAK : Anggota koramil dan Polsek Dukun saat mendata kerusakan rumah warga.

TAK BERATAP LAGI: RUSAK : Anggota koramil dan Polsek Dukun saat mendata kerusakan rumah warga. (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Terjangan angin puting beliung kembali terjadi di Gresik. Kali ini dua desa di Kecamatan Dukun diterjang angin yang mengakibatkan puluhan rumah rusak. Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik masih mendata kerusakan rumah warga.

Saksi mata mengatakan, angin puting beliung muncul saat hujan rintik sekitar pukul 19.50 di sekitar Desa Tebuwung dan Desa Lowayu. Tiba-tiba angin cukup kencang berhembus dari arah Utara ke Selatan. "Kami masuk ke rumah, namun hempasan angin cukup kencang memuat atap genteng rumah kami berterbangan. Beruntung keluarga saya tidak ada yang terluka," kata Sobari, warga Desa Tebuwung.

Kepala Desa Lowayu, M Yato membenarkan kejadian itu. Dalam pendataanya, ada 27 rumah warga yang terkena bencana angin puting beliung. Beruntung kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa.

Hanya beberapa rumah warga rusak ringan, sedang hingga parah. Kemudian, dia mendapatkan laporan beberapa rumah warga rusak. "Kita langsung mengunjungi rumah warga yang terdampak dan tidak ada korban jiwa dalam bencana ini," ungkap dia.

Ditambahkan ada salah satu rumah warga yang terdampak dengan kerusakan parah rumah milik Susi warga RT 23 Desa Lowayu. Dia memperkirakan kerugian materil mencapai 20 juta rupiah. "Rumah Bu Susi rusak parah di terjang angin puting beliung saat ditinggal jemput anaknya lagi bimbingan belajar," tambahnya.

Sementara itu Camat Dukun Fattah Hadi saat dikonfirmasi mengakui, angin puting beliung melanda Desa Lowayu dan Tebuwung. Setelah mendapatkan laporan adanya bencana puting beliung pihaknya langsung ke lokasi kejadian untuk mendata warga yang terdampak.

"Ada di dua desa yang terdampak. Namun yang terbanyak ada di Desa Lowayu. Setelah kami laporkan, BPBD pagi ini sudah turun dan memberikan bantuan sembako," kata Fattah.

Dengan kejadian ini, BPBD, Kecamatan Dukun dibantu aparat  kepolisian, TNI dan BPBD bergotongroyong ikut membenahi rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung. "Kita langsung gotong royong bersama warga dibantu aparat kepolisian untuk membantu memperbaiki rumah warga yang terdampak bencana angin puting beliung," ucapnya. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia