Selasa, 15 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle

Inilah 11 Cara Menyelamatkan Tubuh dari Bahaya BB Kurang

22 Januari 2019, 14: 31: 23 WIB | editor : Wijayanto

TIMBANG: Bukan hanya obesitas yang membahayakan tubuh. Kekurangan BB, juga sama bahayanya dengan kelebihan berat badan.

TIMBANG: Bukan hanya obesitas yang membahayakan tubuh. Kekurangan BB, juga sama bahayanya dengan kelebihan berat badan. (NET/GETTYIMAGES)

Share this      

Menambah berat badan (BB) menjadi tidak berguna jika dilakukan melalui cara yang tidak sehat. Mempertahankan BB yang sehat adalah penting untuk kesehatan. Hal tersebut dapat melindungi dari berbagai penyakit dan bermanfaat untuk jangka panjang.

Tidak hanya kelebihan BB yang membuat diri tidak nyaman. Tetapi, memiliki tubuh yang kerempeng, acapkali juga jadi sasaran lelucon. Hampir semua orang akan berkomentar tentang tubuh Anda. Mereka mengejek dengan mengatakan hal-hal menyakitkan, seperti angin akan meniup tubuh Anda. Anda mungkin kesulitan membeli pakaian sesuai pilihan. Anda juga terus-menerus diomeli oleh orang tua untuk makan lebih banyak.

Alasan kekurangan BB bisa berbeda pada setiap orang. Ada yang kekurangan BB karena asupan makanan yang tidak mencukupi. Ada juga karena faktor genetik atau metabolisme yang tinggi. Kadang-kadang, beberapa kondisi medis seperti gangguan makan, tiroid, penyakit seliaka, diabetes, kanker, infeksi melalui parasit, TBC, dan HIV/AIDS memicu penurunan BB yang tidak sehat.

Seperti dilansir dari laman The Statesman, Senin (21/1), jangan marah dengan situasi ini. Bertarunglah dengan berani. Mimpi terburuk Anda bisa berakhir dengan beberapa tips mudah berikut ini.

1. Makan makanan sehat dan konsumsi lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan tubuh. Targetkan 700 hingga 1000 kalori dari makanan sehat jika ingin menambah BB dengan cepat. Jangan makan makanan cepat saji atau makanan olahan untuk menambah BB. Itu dapat merusak kesehatan.

2. Otot tubuh terbuat dari protein. Ini adalah nutrisi penting untuk mendapatkan BB yang sehat. Usahakan 0,7 hingga 1,0 gram protein per pon BB. Memasukkan makanan berprotein tinggi dalam makanan, seperti ikan, telur, daging, kacang-kacangan dan produk susu, sangat dianjurkan. Suplemen protein juga dapat bermanfaat jika Anda tidak mendapatkan cukup protein dari makanan.

3. Makan banyak karbohidrat dan lemak bersama dengan protein di setiap makan jika Anda ingin menambah BB dalam waktu singkat. Pastikan untuk makan setidaknya tiga kali sehari. Gunakan piring yang lebih besar untuk makan lebih banyak.

4. Camilan padat energi juga baik untuk Anda jika kenaikan BB adalah prioritas. Cemilan ini termasuk kacang-kacangan, buah-buahan kering, susu murni, yoghurt penuh lemak, keju krim, minyak zaitun extra virgin, biji-bijian utuh, oat, beras merah, kentang, ubi jalar, daging, cokelat hitam, selai kacang, alpukat, dan banyak lagi.

5. Bergabunglah dengan gym dan lakukan latihan angkat beban berat setidaknya empat kali seminggu. Ini akan memperkuat Anda dan memastikan bahwa kalori ekstra masuk ke otot, bukan ke sel-sel lemak.

6. Cobalah makanan penambah BB tinggi protein, karbohidrat, dan kalori.

7. Jangan mengisi perut dengan air sebelum makan. Cadangan ruang ini untuk makan lebih banyak makanan.

8. Anda dapat mengonsumsi suplemen pembentuk otot untuk menambah beberapa kilogram berat otot.

9. Berhenti merokok karena itu merupakan hambatan besar dalam menambah BB.

10. Konsumsilah makanan yang kaya kalori dan kaya protein terlebih. Selanjutnya, pilihlah sayuran.

11. Tidur nyenyak untuk pertumbuhan otot.

Bagi kesehatan, menjadi kurus mungkin sama buruknya dengan obesitas. Infeksi osteoporosis, masalah kesuburan, dan kematian dini adalah faktor risiko utama yang terkait dengan orang yang BB-nya kurang. (opi)

(sb/opi/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia