Senin, 27 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Siapkan Air Baku PDAM di Wilayah Barat

Pembangunan Long Storage di Tarik Dikebut

16 Januari 2019, 14: 24: 52 WIB | editor : Wijayanto

BAHAN BAKU PDAM: Tiga ekskavator mengeruk pasir di Kalimati, Kecamatan Tarik, yang dijadikan long storage, Selasa (15/1).

BAHAN BAKU PDAM: Tiga ekskavator mengeruk pasir di Kalimati, Kecamatan Tarik, yang dijadikan long storage, Selasa (15/1). (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO – Seiring pertumbuhan pemukiman di Kabupaten Sidoarjo, kebutuhan ketersediaan air bersih juga meningkat. Pembangunan long storage di Kecamatan Tarik yang saat ini sedang dikerjakan diharapkan mampu memasok kebutuhan air bersih disemua wilayah Kota Delta khususnya wilayah barat.

Saat ini pembangunan long storage atau kanal penyimpan air yang akan dijadikan air baku PDAM Mojokerto dan PDAM Delta Tirta Sidoarjo terus dikebut oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas. Seperti terlihat kemarin, ratusan ekskavator dikerahkan untuk mengeruk pasir. Di beberapa titik, plengsengan juga terlihat dikerjakan. Long storage sepanjang sekitar lima kilometer dengan lebar 100 meter ini membentang di beberapa desa di Kecamatan Tarik dan dibagi menjadi tiga kolam penampungan.

“Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sangat berharap agar pelaksanaan proyek long storage Kalimati ini dapat terealisasi dengan baik, lancar dan sukses,” harap Bupati Saiful Ilah.

Bupati juga berharap PDAM Delta Tirta tak lagi kekurangan air baku untuk melayani kebutuhan air bersih warga Sidoarjo. Abah Ipul, sapaan akrab Bupati Saiful Ilah, juga berharap warga sekitar  mendukung sepenuhnya agar proyek ini berjalan sesuai rencanana dan segera bermanfaat.

Nantinya suplai air long storage ini akan dipasok dari Sungai Brantas melewati kanal box culvert. Long storage ini dapat menampung air baku sekitar 1,6 juta meter kubik yang ujungnya akan dibangun pompa untuk dialirkan ke dua kota, Sidoarjo dan Mojokerto. Diharapkan, akhir tahun 2019, pembangunan long storage ini bisa tuntas. (sat/rek)  

(sb/sat/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia