Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik
Dugaan Penyelewengan APBD 2018

Pekan Ini, Kejari Panggil Pejabat Bagian Umum

14 Januari 2019, 17: 00: 51 WIB | editor : Wijayanto

Nanag Setiawan, usai menjalani pemeriksaan di Kejari Gresik.

Nanag Setiawan, usai menjalani pemeriksaan di Kejari Gresik. (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik terus melanjutkan penyelidikan kasus dugaan penyelewengan anggaran di Bagian Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik. Bahkan pekan ini, sejumlah pejabat di Bagian Umum bakal dipanggil untuk dimintai keterangan.

Langkah lainnya, Kejari Gresik juga mendalami laporan masyarakat tentang adanya penyimpangan penggunaan anggaran. Saklahsatunya adanya dokumen yang akan diteima penyidik Kejari Gresik pekan ini. Informasinya, ada 4 pejabat yang akan dipanggil.

"Mereka adalah kepala sub bagian, bendahara, pejabat pembuat komitmen serta sejumlah rekanan yang terlibat dalam kegiatan Bagian Umum," kata Kasie Intel Kejari Gresik, R Bayu Probo Sutopo.

Keterangan para pejabat ini akan dikonfirmasikan dengan keterangan mantan Kabag Umum, Nanang Setiawan yang sudah dipanggil dan diperiksa pekan lalu. Dari keterangan itu, nanti akan diklarifikasikan dengan dokumen yang sudah dimiliki penyidik. Dokumen yang dimaksud berasal dari Bagian Umum Pemkab Gresik terkait dengan kegiatan selama tiga tahun terakhir. Atau ketika Nanang Setiawan masih menjabat sebagai Kabag Umum Pemkab Gresik.

Hal senada disampaikan Kasi Pidsus Kejari Gresik Andrie Dwi Subianto. Menurutnya, belum diketahui secara pasti kapan dokumen dari Bagian Umum akan diserahkan. Kabarnya masih dalam proses pencarian. “Info terakhir dokumennya masih dicari,” ujarnya.

Dikatakan, sampai saat ini proses penyelidikan berjalan lancar dan pihak-pihak yang dipanggil kooperatif. Sehingga pemeriksaan hingga kini belum ada kendala. “Yang pasti laporan terkait kasus itu (dugaan penyelewengan anggaran di bagian umum, Red) akan kami kembangkan terus,” ujar dia sapaan akrabnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Nanang Setiawan diperiksa oleh Kejari Gresik pada Kamis pekan lalu lalu. Pemeriksaan tersebut terkait dugaan penyalahgunaan anggaran yang terjadi di lingkungan Bagian Umum. Mantan Kabag Umum Pemkab Gresik itu, diperiksa mulai pukul 09.00 – 11.30 di ruang pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) pada Kamis (10/1). “Hanya terkait anggaran 2016,” kata Nanang kala itu usai diperiksa.(yud/ris) 

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia