Sabtu, 23 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Atap Lima Rumah Tersapu Puting Beliung di Tulangan

12 Januari 2019, 16: 54: 27 WIB | editor : Wijayanto

AMBRUK: Pohon tumbang akibat terjangan puting beliung di Tulangan.

AMBRUK: Pohon tumbang akibat terjangan puting beliung di Tulangan. (ISTIMEWA)

SIDOARJO - Bencana puting beliung kembali terjadi di Kecamatan Tulangan. Kali ini di Desa Sudimoro pada Jumat (11/1) sore. Angin kencang yang menghembus menyebabkan atap lima rumah tersapu.

Kelima rumah yang rusak tersebut adalah rumah milik Anis Afifah, Sudjono, H Mustofa, Parkan dan Sunaya. Rumah tersebut berada di RT 04 RW 02 desa setempat.

Kepala Seksi Trantib Kecamatan Tulangan Didik mengatakan, sekitar pukul 16.30 hujan deras mengguyur wilayah Desa Sudimoro. Sejurus kemudian angin kencang menghembus. Pohon-pohon tumbang dan atap rumah warga beterbangan. "Ada yang atapnya terbawa angin, ada yang hanya sebagian saja," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo Dwidjo Prawito mengatakan, pihaknya langsung bergerak dengan turun ke lapangan. Untuk sementara atap rumah warga yang rusak ditutup terpal terlebih dahulu.  "Sembari menunggu bantuan," ujarnya.

Selanjutnya, BPBD juga melakukan pendataan terhadap kerusakan rumah warga. Nantinya akan diberi bantuan sesuai dengan jenis kerusakannya. Mulai dari yang ringan, sedang, hingga berat.

Dwidjo mengaku musim hujan ini beberapa wilayah memang berpotensi terjadi puting beliung. Terutama di wilayah yang masih memiliki tanah lapang. Seperti Krian, Tulangan, Jabon, dan Sedati. (nis/jay)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia