Senin, 25 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Persatuan Drum Band Gresik Bidik Pelajar SD

12 Januari 2019, 13: 49: 50 WIB | editor : Wijayanto

KOMPAK: Para pemain drum band di Gresik sedang berlatih di halaman sekolahnya.

KOMPAK: Para pemain drum band di Gresik sedang berlatih di halaman sekolahnya. (FAJAR YULI YANTO/RADAR GRESIK)

GRESIK - Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Gresik terus membidik para pelajar dari jenjang SD untuk meningkatkan prestasi dalam dunia drumband. Salah satu caranya, PDBI terus melakukan latihan di sekolah-sekolah di Gresik.

Sekretaris umum PDBI Gresik, Hadi Biantoro mengatakan saat ini sudah banyak sekolah yang memiliki ekstrakurikuler di Gresik.  Kegiatan ekstrakurikuler itu untuk meningkatkan  minat belajar siswa. “Sehingga siswa terhindar dari kejenuhan dalam belajar,” ungkap Hadi. Dikatakannya, saat ini tim drum band sudah 29 tim  di Gresik. Pelatih dari PDBI terus melakukan latihan di sekolahnya masing-masing.

Selain mengeksplorasi minat anak, drumband juga mengajarkan kedisiplinan serta kekompakan, drumband juga mampu membentuk postur tubuh anak sejak dini.  Untuk itu, minat dan kemampuan bermusik siswa selalu disesuaikan dengan music yang dibawanya. Misalnya, mereka bisa bisa membawa alat tiup,  alat perkusi, tari atau color guard. “Siswa yang punya bakat kepemimpinan dijadikan section mayoret atau field commander,” jelasnya.

Dalam latihan, siswa terlebih dahulu diajarkan untuk mengenal kunci not. Mereka diajarkan untuk belajar artikulasi, harmonisasi dan peralatan sectional. “Metode permainannya yakni kepemimpinan untuk memainkan alat musik secara bersamaan,” ungkapnya. (jar/han)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia