Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Pasien Miskin Non BPJS Disiapkan Jaminan Kesehatan Rp 3 Miliar

12 Januari 2019, 13: 28: 36 WIB | editor : Wijayanto

Ketua Komisi IV DPRD Gresik Khoirul Huda

Ketua Komisi IV DPRD Gresik Khoirul Huda (DOK/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - DPRD Kabupaten Gresik memastikan seluruh masyarakat miskin bisa mendapatkan jaminan kesehatan. Bahkan, Komisi IV juga telah menyiapkan anggaran khusus untuk pesien miskin yang tidak tercover dalam BPJS KIS, Jamkesmas maupun Jamkesda.

“Iya memang ada anggaran sekitar Rp 3 miliar yang disiapkan untuk pasien tidak mampu tapi belum tercover program jaminan kesehatan pemerintah,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Gresik Khoirul Huda saat dikonfirmas, kemarin.

Menurut dia, anggaran ini memang penting lantaran tidak semua orang tidak mampu masuk program jaminan kesehatan. Sehingga, agar orang-orang yang tidak masuk jaminan kesehatan tetap bisa berobat pihaknya menyiapkan anggaran ini. “Sudah berjalan sejak beberapa tahun ini,” ungkap dia.

Dikatakan, untuk bisa mendapatkan fasilitas kesehatan ini masyarakat yang tidak mampu cukup membawa rekomendasi dari RT/RW dan Desa. Kemudian, silahkan datang ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gresik untuk mendapatkan rekomendasi. “Baru setelah itu bisa digunakan untuk berobat di Rumah Sakit milik pemerintah,” katanya.

Dengan membawa rekomendasi dari Dinsos. Nanti, Rumah Sakit yang akan melakukan klaim kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik. “Yang berwenang untuk mengeluarkan rekomendasi memang Dinsos,” imbuhnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia