Senin, 25 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Tahun Ini, Ritel Masih Optimistis Tumbuh Dobel Digit

12 Januari 2019, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

DEMAND TERUS MENINGKAT: Pengunjung memadati gerai ritel di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya.

DEMAND TERUS MENINGKAT: Pengunjung memadati gerai ritel di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memproyeksikan pertumbuhan ritel di tahun ini akan diwarnai dengan adanya dua momentum pilkada, yakni pileg dan pilpres. Momen tersebut dinilai akan menjadi peluang yang bagus untuk menaikkan penjualan. 

Menurut Ketua Aprindo Jawa Timur April Wahyu Widati, kedua momen tersebut diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ritel hingga double digit. Optimisme ini berdasarkan catatat pada saat pilpres tahun 2014, pertumbuhan ritel mencapai 12 persen. “Ritel harus tetap optimistis di situasi apapun, dan yang penting adalah membaca peluang yang baik dalam setiap momen tersebut ," ujarnya di Surabaya, Jumat (11/1).

April menjelaskan, pertumbuhan ini akan banyak dikontribusi oleh makanan dan minuman yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan kampanye. "Oleh karena itu, di tahun 2019 ini diharapkan bisa tumbuh hingga 15 persen," tuturnya.

Selain itu, sepanjang 2018, ritel di Jawa Timur masih mengalami pertumbuhan yang positif meski tidak terlalu besar jika dibandingkan tahun lalu. "Ya sedikit melambat, tapi tetap tumbuh, hanya saja jumlahnya tidak besar dan ini semua hampir rata, hanya kebutuhan bahan pokok tetap jadi yang utama," jelasnya.

Sementara adanya bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu juga turut memberikan pengaruh terhadap penjualan barang ritel, khususnya bahan makanan. "Sementara kalau bicara ritel online kini juga sudah mulai mempengaruhi pelanggan, khususnya fashion, aksesoris serta gadget," tutupnya. (cin/nur)

(sb/cin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia