Kamis, 27 Jun 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

20 SD Terpilih Jadi Pilot Project USBK di Gresik

11 Januari 2019, 17: 42: 32 WIB | editor : Wijayanto

TRY OUT: Para siswa sedang mengerjakan dan mengisi soal latihan Ujian Sekolah (US) di sekolahnya.

TRY OUT: Para siswa sedang mengerjakan dan mengisi soal latihan Ujian Sekolah (US) di sekolahnya. (UMY HANY AKASA/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik berencana menjadikan 20 SD (sekolah dasar) di Gresik sebagai pilot projek Ujian Sekolah Berbasis KOmputer (USBK). Kegiatan itu digelar secara serentak bersamaan dengan kegiatan US pada awal Mei 2019.

Kepala Dispendik Gresik, Mahin mengatakan sebenarnya ingin seluruh sekolah di Gresik menggelar USBK. “Namun, sarana prasananya belum menunjang. Ini masih kami kaji ulang dengan harapan semua sekolah nantinya bisa USBK,” ungkap Mahin.

Untuk sementara, 20 sekolah yang akan disiapkan dengan program USBK. Sekolah-sekolah tersebut yang sudah memiliki sarana prasana serta progtor (programmer computer,red). Diantaranya, seperti SDN Sidokumpul 1,2 3, SDN Randuagung, dan lain sebagainya.

Menurut Mahin, sebenarnya seluruh SD sudah bisa USBN. Mereka bisa memanfaatkan atau meminjam fasilitas di  jenjang SMP maupun SMA/SMK. “Tidak ada masalah pinjam ke jenjang yang lebih tinggi, karena kegiatannya memang program pemerintah dan mendukung sistem pendidikan nasional,” ungkap mantan guru SMPN 3 Gresik tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Nur Muslicha menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan pendataan terhadap sekolah-sekolah yang akan mengikuti USBK. “Kami data dulu kesanggupan, sarana dan prasanannya.Kalau sudah fix akan kami gelar sosialisasi, try out baik kepada penjaga, progtor maupun guru,” ungkapnya. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia