Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Features Gresik
Objek Wisata Museum Sunan Giri Gresik

Manfaatkan Halaman untuk UMKM, Terus Tambah Koleksi

11 Januari 2019, 17: 35: 01 WIB | editor : Wijayanto

CATATAN SEJARAH: Museum Sunan Giri di Kawasan Religi Sunan Giri ini makin banyak dipenuhi oleh pengunjung.

CATATAN SEJARAH: Museum Sunan Giri di Kawasan Religi Sunan Giri ini makin banyak dipenuhi oleh pengunjung. (FAJAR YULI YANTO/RADAR GRESIK)

Share this      

Museum Sunan Giri  terus berkembang dan berbenah. Tidak hanya penambahan koleksi, warga sekitar juga memanfaatkan arena museum untuk kegiatan UMKM maupun edukasi terhadap para pengunjung.

Fajar Yuliyanto-Wartawan Radar Gresik

Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik yang diresmikan 9 Maret 2002 makin berkembang.. Pendirian museum ini dengan dilatarbelakangi oleh besarnya peninggalan arkeologi juga sejarah yang berada di alam maupun masyarakat.

Sementara saat itu tidak ada pusat informasi dan edukasi tentang sejarah purbakala Kabupaten Gresik yang dapat memberikan informasi dan melindungi data sejarah purbakala yang di miliki Kabupaten Gresik. Maka pemerintah membuat Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik.

"Koleksi 4 periode mulai dari sejarah Hindu, Buddha, Islam dan kolonial. Kami juga mempunyai sekitar 140 koleksi benda sejarah," kata Muslim Dimas, staff Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik. Saat ini Museum Sunan giri terus berbenah dan memperkaya koleksinya. Bedug merupakan koleksi unggulan Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik.

Bedug koleksi Museum Sunan Giri diperoleh dari Masjid Desa Pasucinan, Kecamatan Manyar. Menurut folklor yang berkembang, bedug tersebut merupakan peninggalan Maulana Malik Ibrahim yang meninggal pada tahun 1419 M.

Istri lurah Giri, Nur Hamidah menambahkan pihaknya sedang mengupayakan untuk area halaman Museum Sunan Giri untuk dijadikan pengenalan produk UMKM di sekitar tersebut. “Kebetulan UMKM di Giri berkembang signifikan. Jadi kami ingin produk kami bisa dikenalkan kepada pengunjung yang berada di museum,” jelasnya. (*/han)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia