Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Pelantikan Sekda Gresik Andhy Hendro Wijaya

Diawali Wudhu Prosesi Diarak Dengan Salawat

10 Januari 2019, 14: 41: 46 WIB | editor : Wijayanto

KHIDMAT: Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat melantikan Andhy Hendro Wijaya sebagai Sekda Gresik.

KHIDMAT: Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat melantikan Andhy Hendro Wijaya sebagai Sekda Gresik. (FAHTIA AINUR ROFQ/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Jabatan Sekretaris Kabupaten Gresik akhirnya dijabat oleh Andhy Hendro Wijaya. Setelah melalui proses seleksi panjang, mantan Kabag Humas Pemkab Gresik tersebut secara resmi dilantik sebagai Sekkab Gresik oleh Bupati  Gresik, Sambari Halim Radianto, kemarin.

Pelantikan Sekda Kabupaten Gresik berlangsung unik dan khidmad. Pada pelantikan kali ini, Bupati meminta calon sekda untuk mengambil air wudhu terlebih dahulu. Kemudian, saat hendak memasuki ruang pelantikan Andhy Hendro Wijaya diarak layaknya pengantin dengan iringan sholawat.

Para pengiring tersebut adalah sekretaris dan kepala bidang dari Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik. “Iya, memang pelantikan sekda kali ini berbeda dari biasanya,” ujar Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, kemarin.

Usai Kepala BKD Nadlif membacakan SK Sekda, Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto yang duduk di kursi panggung didampingi oleh Wakil Bupati Gresik Dr. Muhammad Qosim dan Ketua DPRD Gresik Achmad Nurhamim tiba-tiba memerintahkan agar calon sekda mengambil air wudhlu terlebih dahulu. “Untuk kebersihan dan kesucian diri, kami persilahkan saudara untuk mengambil air wudhlu terlebih dahulu,” ungkap dia.

Menurut bupati, pelantikan sekda kali ini memang dibikin lebih islami. Sebab, Gresik merupakan kota santri dan kota wali. Sehingga, pihaknya menginginkan agar segala kegiatan bisa menunjukkan identitas tersebut. “Yang terpenting tidak melanggar ketentuan yang telah ada,” katanya.

Ditambahkan, untuk sekda terpilih pihaknya mengucapkan selamat. Bupati tidak memberikan tugas khusus kepada sekda. “Sekda kan sudah ada protapnya, yang jelas hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini,” imbuh dia.

Sementara itu, Sekda Gresik Andhy Hendro Wijaya mengatakan pihaknya sempat bingung dengan prosesi ini. “Kami benar tidak tahu, tapi menurut saya hal ini sangat bagus dan bisa dilanjutkan pada prosesi pelantikan berikutnya, toh tidak ada aturan yang dilanggar. Gresik adalah kota santri, dan harus ada inovasi untuk mendukung agar tetap mempertahankan predikat kota santri”, tandas Andhy.

Terkait tugas barunya sebagai sekda, Andhy mengaku akan tetap melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Bupati dan Wakil Bupati Gresik. “Tugas sekda adalah membantu Bupati dan Wakil Bupati Gresik untuk mensukseskan Visi misi Bupati. Intinya tugas sekda itu sudah tertuang pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati Gresik” tandasnya. (rof/ris)

(sb/rof/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia