Sabtu, 07 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Dibuka Akhir Bulan, Mal Pelayanan Publik Bakal Diujicoba

10 Januari 2019, 13: 46: 31 WIB | editor : Wijayanto

SIAP: Wabup Nur Ahmad Syaifuddin meninjau MPP di Jalan Veteran Sidoarjo.

SIAP: Wabup Nur Ahmad Syaifuddin meninjau MPP di Jalan Veteran Sidoarjo. (DOK/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Mal Pelayanan Publik (MPP) akhirnya dibuka pada akhir bulan ini. Namun, sebelum dibuka untuk umum, Pemkab Sidoarjo akan melakukan uji coba dulu. Tujuannya agar pelayanan kepada masyarakat nantinya bisa lebih maksimal.

Kepala Bagian Organisasi Ahadi Yusuf mengatakan, saat ini semua persiapan MPP sudah tuntas. Mulai dari ruangan hingga fasilitasnya. Seperti, meja, kursi, monitor, dan lain sebagainya. Dalam ruangan seluas 1.500 meter psersegi tersebut akan ada 169 jenis layanan yang terbagi dalam 29 instansi.

Dari puluhan instansi tersebut ada tiga dinas yang mendapatkan tempat paling besar. Yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Satu Pintu, serta Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD). "Pelayanan di tiga dinas itu paling ramai," katanya.

Yusuf berharap adanya MPP pelayanan Dispendukcapil akan maksimal. Sebab, pelayanan delapan kecamatan dialihkan ke MPP. Sedangkan sisanya, pelayanan 10 kecamatan tetap di kantor Dispendukcapil. 

Sedangkan pelayanan instansi di luar pemkab di antaranya imigrasi, pelayanan perpanjangan SIM dan Samsat Polresta Sidoarjo, tilang kejaksaan, dan pembayaran PLN. Yusuf mengatakan, untuk pelayanan imigrasi tidak berada dalam satu ruangan. Namun, menggunakan ruang di sebelahnya. "Agar mampu menampung antrian," jelasnya.

Sementara itu, Sekda Sidoarjo Achmad Zaini menjelaskan, pemkab akan berupaya memberikan kenyamanan pada warga. Misalnya ruangan ber AC, ada layar monitor untuk memberikan informasi pada pengunjung, serta terdapat tempat konsultasi bagi investor.

Selain itu, antrean warga yang masuk dalam ruangan dibatasi. Tidak boleh terlalu penuh. "Di luar ruangan kami sediakan ruang tunggu," tuturnya. (nis/rek)

(sb/nis/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia