Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Gresik

Polisi Limpahkan Perkara Asusila ABG ke Kejaksaan

08 Januari 2019, 17: 07: 23 WIB | editor : Wijayanto

Takdir Allan Febriyanto

Takdir Allan Febriyanto (YUDHI DWI ANGGORO/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK – Penyidik unit PPA Satreskrim Polres Gresik melimpahkan berkas perkara persetubuhan anak di bawah umur ke Kejari Gresik. Tersangka Mohamad Takdir Allan Febriyanto, 29, warga Jalan KH Kholil 4/2 Kelurahan Kebungson, Kecamatan Gresik segera menghadapi persidangan di PN Gresik.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Gresik Aipda Slamet Mujiono menjelaskan, seluruh berkas dinyatakan sempurna oleh penuntut umum. Untuk itu, langkah selanjutnya adalah mengirim Tahap II atau pelimpahan BAP, tersangka dan barang bukti.

"Seluruhnya sudah kami serahkan ke penuntut umum. Sehingga penanganan selanjutnya mulai penahanan hingga persidangan menjadi wewenang Kejari Gresik," kata Aipda Slamet.

Dijelaskan, sesuai BAP tersangka akan dikenakan Pasal 81 ayat 2 UU 35/2014 tentang perubahan UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak. Dalam BAP dijelaskan, tersangka telah menyetubuhi RN , 16, warga Jalan Manyar Gresik dengan memberikan janji akan dinikahi.

Namun, janji dan bujukan rayu itu ternyata hanya omong kosong. Sementara korban terlanjur hamil dan tersangka tidak mau bertanggungjawab. Atas kejadian itu, keluarga korban tidak terima dan melaporkan ke polisi.

Mulanya tersangka dan korban berkenalan melalui media sosial Facebook pada Januari 2018 lalu. Setelah kenal, korban disetubuhi di rumah rekan tersangka di Kecamatan Cerme. Korban juga disetubuhi di beberapa tempat. “Ada tiga lokasi kejadian,” ujar Kanit PPA Satreskrim Polres Gresik, Aipda Slamet Mujiono. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia