Senin, 25 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Nasib Rifai Belum Jelas, KPU Konsultasi Putusan MA

08 Januari 2019, 17: 03: 54 WIB | editor : Wijayanto

CALEG BERMASALAH: M Rifai

CALEG BERMASALAH: M Rifai (DOK/RADAR SIDOARJO)

SIDOARJO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo telah menerima petikan putusan terkait kasus pidana yang menjerat calon legislatif (caleg) M Rifai. Petikan putusan yang diterima dari Mahkamah Agung (MA) tersebut akan dikoordinasikan dengan KPU Jatim terkait keabsahan kader Partai Gerindra Sidoarjo ini sebagai caleg.

Rifai telah ditetapkan sebagai caleg DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Partai Gerindra. Dia ditempatkan di daerah pemilihan Sidoarjo 5 yang meliputi wilayah Taman dan Sukodono. Saat ini status Rifai masih sebagai anggota DPRD Sidoarjo nonaktif.

Ketua KPU Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin mengatakan, hingga saat ini belum ada putusan terkait status Rifai sebagai caleg. KPU masih berkonsultasi untuk merumuskan kepastian pencalegan Ketua DPC Gerindra Sidoarjo tersebut. “Masih kita konsultasikan tunggu dulu,” ujarnya.

Dia mengakui KPU sudah mempelajari petikan putusan MA terkait kasus pidana Rifai. Namun, salinan putusan MA yang menguatkan hukuman satu tahun terhadap Rifai belum ada. “Memang masih berupa petikan saja. Sambil jalan untuk menerima salinan putusan kita konsultasi,” terangnya.

Zainal memastikan bahwa putusan pencalegan Rifai akan ditentukan sebelum pencoblosanpada  17 April 2019. Saat ini KPU masih berkoordinasi terus untuk menerima masukan yang tepat. “Secara aturan tidak boleh (nyaleg), tetapi kita tunggu hasil konsultasi dulu,” jelasnya.

Rifai, mantan wakil ketua DPRD Sidoarjo, dijatuhi hukuman masa percobaan satu tahun. Putusan itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Sidoarjo, yakni dua tahun penjara. Rifai terjerat kasus pemalsuan ijazah. (vga/rek)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia