Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle

Ini 8 Cara Terhindar dari Polusi Udara Agar Anda Tidak Sakit

07 Januari 2019, 18: 05: 59 WIB | editor : Wijayanto

JAGA KESEHATAN: Menggunakan masker bisa menjadi salah satu solusi mengurangi udara buruk masuk ke tubuh.

JAGA KESEHATAN: Menggunakan masker bisa menjadi salah satu solusi mengurangi udara buruk masuk ke tubuh. (NET/HELLOSEHAT)

Share this      

UDARA semakin kotor. Terutama udara di kota-kota besar yang dipenuhi kemacetan atau di kawasan yang memiliki banyak pabrik. Menurunnya kualitas udara itu disebabkan oleh asap kendaraan bermotor maupun hasil pembakaran pabrik. Dilansir dari laman timesofindia, Senin (7/1), tidak hanya bertanggung jawab atas serangan batuk yang hebat yang hampir setiap orang rasakan saat ini, udara kotor juga sangat berbahaya bagi banyak hal.

Dari iritasi di tenggorokan, bronkitis hingga memperburuk kondisi pernapasan yang ada, seperti penyakit paru obstruktif kronik. Selain memperburuk kondisi pernapasan, kualitas udara juga dapat berdampak pada penyakit kardiovaskular. Ya, siapa pun yang terpapar partikel debu tingkat tinggi yang ada di udara, dapat menjadi korban efek samping berbahaya yang mencakup masalah kesehatan jangka panjang. Untuk memastikan Anda tetap aman karena tingkat polusi semakin memburuk, berikut adalah 8 cara untuk melindungi diri dari polusi udara yang buruk.

1. Tetap di dalam ruangan

Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Jadi, cara pertama dan terpenting untuk menjaga diri adalah tetap di dalam ruangan dan tidak menghirup udara beracun di luar. Tingkat polusi udara dikatakan paling tinggi di pagi hari, ketika asap kendaraan bermotor banyak yang berseliweran. Jadi disarankan agar Anda tidak pergi keluar rumah pada pagi hari.

2.Latihan di dalam ruangan

Saat berolahraga, Anda menghirup udara lebih banyak dari biasanya. Jadi, sangat disarankan agar Anda mulai berolahraga di rumah, setidaknya sampai tingkat polusi udara kembali normal. Jangan izinkan anak-anak keluar, lebih baik dorong mereka bermain di dalam rumah.

3.Selalu periksa tingkat polusi sebelum keluar

Penting bagi Anda untuk memeriksa tingkat polusi sebelum pergi ke luar. Menjaga diri tetap terkini tentang kualitas udara menjadi penting jika Anda tinggal di kota yang tingkat polutannya tinggi.

4.Investasik masker anti-polusi berkualitas baik

Masker bedah yang Anda dapatkan dari apotek masih kurang berguna. Anda perlu berinvestasi masker anti-polusi berkualitas tinggi jika benar-benar ingin menghentikan partikel debu memasuki sistem pernapasan Anda.

5.Minyak kayu putih

Anda bisa meletakkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk mengendurkan jalur udara Anda. Harum baunya bisa melonggarkan hidup atau alat pernafasan Anda.

6. Hirup udara segar di dalam mobil

Pastikan menurunkan jendela mobil ketika masuk untuk membiarkan udara bersirkulasi. Juga, ingat untuk menyalakan AC pada mode sirkulasi dalam ruangan (resirkulasi) untuk membersihkan udara di dalam mobil

7.Tangan untuk menyelamatkanmu

Jika terasa iritasi, ramuan jahe dan daun kemangi dapat membantu menenangkan tenggorokan Anda.

8.Pasang aplikasi pengecekan kualitas udara

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggunakan smartphone yang Anda bawa setiap saat. Ada banyak aplikasi online yang akan membantu melacak kualitas udara sebelum keluar dari kenyamanan rumah. (*/opi)

 

(sb/opi/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia