Jumat, 22 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya
Sebar Info Hoaks Terkait Pilpres 2019

Sehari Polda Jatim Take Down 32 Akun Abal-abal

04 Januari 2019, 07: 05: 59 WIB | editor : Wijayanto

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Hanya dalam waktu kurang dari sehari, Tim Cyber Patrol Polda Jatim berhasil men-take down alias menutup 32 akun media sosial (medsos) pengacau. Akun-akun medsos itu dinonaktifkan lantaran menyebarkan informasi hoaks terkait penyelenggaraan pemilihan presiden (pilpres) 2019. 

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, kebanyakan akun-akun itu memberikan konten informasi hoaks terkait penambahan jutaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pilpres 2019. 

Selain itu, akun-akun itu juga berisi konten terkait penyelenggaraan pemilu yang dirasa seakan-akan dicurangi sejak awal. "Hari ini kami temukan 32 akun, dan sudah kami take down," ungkap Frans Barung Mangera, Kamis (3/1). 

Barung menjelaskan, akun-akun yang dinonaktifkan itu terdiri dari akun di Facebook, Twitter dan Instagram. 

Menurut Barung, terkait informasi yang menyebar saat ini tentang penambahan jutaan DPT asal China itu tidak benar. "Terkait DPT yang dari China itu bohong, kami pastikan informasi 10 juta DPT dari China itu hoaks," tegasnya. 

Selama tahun 2018 saja, tambah Barung, Polda Jatim sudah men-take down ribuan akun-akun anonymous yang menyebarkan informasi hoaks. Akun-akun itu diduga sengaja dibuat untuk mengacaukan jalannya pesta demokrasi dan membentuk opini miring di masyarakat. 

Terkait hal itu, Polda Jatim akan terus melakukan patroli di dunia maya. Terlebih, kurang sekitar tiga bulan lagi masa pemilihan legislatif dan pilpres akan segera dilaksanakan pada 17 April 2019. (rus/jay)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia