Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Iso Ae

Suami Miskin, Istri Nekat Gugurkan Kandungan Diam-Diam

04 Januari 2019, 04: 30: 59 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi Iso Ae

Ilustrasi Iso Ae (GRAFIS: FAJAR KRISNA)

Share this      

Kata orang, banyak anak banyak rezeki. Namun, nyatanya, masih ada yang berpikir banyak anak nambah-nambahi pengeluaran. Seperti Karin, 42, ini.

Ismaul Choririyah-Wartawan Radar Surabaya

Donwori tak pernah menyangka istrinya senekat itu. Tanpa sepengetahuannya, Karin menggugurkan kandungannya. Kenekatan Karin ini jugalah yang membuat hubungan rumah tangga keduanya retak, dan berakhir di pengadilan.

“Aku rasane seperti gak dihargai sama dia. Sembrono,” kata Donwori di Pengadilan Agama (PA) Klas 1A Surabaya, beberapa hari sebelum tahun 2018 berlalu.

Suatu ketika, Donwori melihat Karin meminum pil pelancar haid, setiap hari. Bahkan, istrinya itu juga makan nanas terus-terusan. Dari situ, sebenarnya Donwori sudah curiga. Ditambah, Karin juga sering mual-mual. Namun ketika ditanya, Karin tak pernah mengaku.

“Lalu ketahuannya bagaimana, Mas?" tanya Radar Surabaya, tak sabar, ingin  tahu penyebabnya.  

Akhirnya, kecurigaan Donwori terjawab. Tanpa sengaja, ia menemukan tespek  di tumpukan baju Karin. Seketika itu, ia langsung mendedas istrinya. Dari sinilah, Karin mengaku hamil dan bahkan sudah menggugurkan kandungannya.

Donwori paham, menggugurkan kandungan yang usianya masih muda, diperbolehkan. Namun yang melukai perasaannya adalah kekhawatiran Karin.

Rupanya, Karin nekat menggugurkan kandungan karena meragukan kemampuan Donwori untuk memberi nafkah. “Jawabannya menginjak-injak harga diriku tok,”  keluh buruh bangunan ini.

Saat didedas Donwori ini, Karin mengaku tak sanggup jika harus melahirkan anak lagi. Karin emoh, gara-gara hamil, ia tak bisa bekerja. Sementara jika mengandalkan pemasukan dari Donwori saja tak cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-harinya.   Memang, selama ini, Karin juga bekerja di pabrik untuk membantu perekonomian keluarga.

Namun rupanya, Karin ini tak mau disalahkan. Ia malah ganti marah-marah, menyerang Donwori dengan kata-kata menohok. Ia bahkan menyakiti Donwori dengan ucapan penyesalan telah mau dinikahi oleh pria miskin seperti suaminya itu.

Bahkan, baru kali itu juga Karin menumpahkan segala uneg-unegnya. Yang katanya tak pernah dibelikan perhiasan, rumah, barang mewah, semua Karin ungkapkan. Kecewa dengan perkataan Karin, Donwori langsung menjatuhkan talak. “Lek dekne emoh urep susah ya wes, jajal, isok golek bojo sugeh gak dia ” ujar Donwori, lugas. (*/opi)

(sb/is/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia