Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Karakter Orangtua Pengaruhi Masa Depan Anak

03 Januari 2019, 14: 50: 20 WIB | editor : Wijayanto

PENDIDIKAN ANAK: Pakar pendidikan Nurul Wafiah sedang memberikan pengarahan kepada orangtua dalam mengasuh buah hatinya.

PENDIDIKAN ANAK: Pakar pendidikan Nurul Wafiah sedang memberikan pengarahan kepada orangtua dalam mengasuh buah hatinya. (UMY HANY AKASA/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Madrasah pertama adalah ibu. Sosok ibu dan ayah menjadi bekal utama dalam pendidikan anak. Dari orangtua karakter anak akan muncul sehingga mempengaruhi komunikasi maupun perkembangannya ke dunia luar. .

Pakar pendidikan anak, Nurul Wafiah mengatakan, ada empat jenis pengasuhan yang sangat memengaruhi pembentukan karakter anak. Pertama, kata dia, lalai. Orangtua mengabaikan kehidupan anak karena asyik dengan dunianya sendiri.

“Akibatnya anak cenderung lemah dalam kemampuan sosial, tidak dewasa, dan sulit mandiri,” tuturnya.

Kedua, otoriter. Tuntutan terhadap anak tinggi, tetapi tanggungjawabnya lemah. “Orangtua seperti ini sering memaksakan kehendak pada anak, kadang anak kena hukuman baik fisik maupun psikis, maka anak akan menjadi pribadi yang tidak bahagia, tidak mandiri dan berperilaku agresif,” tuturnya.

Ketiga, permisif. Tanggung jawab anak tinggi namun tuntutannya rendah. “Orangtua cenderung menuruti keinginan anak, maka anak sulit untuk mengendalikan perilakunya. Tumbuh secara egois dan sulit berkomunikasi dengan teman sebaya,” ujarnya.

Keempat, otoratif. Tanggung jawab terhadap anak tinggi diikuti dengan aturan yang juga dijaga, berkomitmen.

“Orangtua seperti ini yang sangat baik. Selalu mendorong anaknya untuk mandiri tapi ada batasan yang jelas dan disepakati di dalam keluarga dan didiskusikan bersama,” katanya.

Orangtua hadir menjadi sosok yang hangat dan penyayang, sambungnya. Maka anak tumbuh menjadi pribadi yang ceria, mampu mengendalikan diri, mandiri dan mampu menjalin hubungan baik dengan teman sebaya.

“Mendidik anak tidaklah mudah, tapi yakinlah bahwa setiap anak adalah anugerah yang luar biasa yang diturunkan Allah untuk memuliakan kehidupan kita,” tandasnya. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia