Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Usai Liburan, SIM Corner Diserbu Warga Pemohon Perpanjangan SIM

02 Januari 2019, 17: 41: 37 WIB | editor : Wijayanto

MEMANJANG: Warga antre untuk melakukan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di SIM Corner Tunjungan Plaza, Surabaya, Rabu (2/1).

MEMANJANG: Warga antre untuk melakukan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di SIM Corner Tunjungan Plaza, Surabaya, Rabu (2/1). (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Usai libur panjang natal dan tahun baru, layanan SIM Corner kembali dibuka dan beroperasi, Rabu (2/1). Namun sesaat setelah dibuka, SIM Corner tersebut langsung dipadati para pemohon perpanjangan surat izin mengemudi.

Bahkan antrean pemohon tersebut tampak mengular hingga puluhan meter. Seperti yang terjadi di SIM Corner di mall Tunjungan Plaza (TP) lantai Ground sejak pagi. 

Berdasarkan pengamatan Radar Surabaya di SIM Corner TP itu, antrean terlihat sejak pagi, tepatnya sesaat setelah layanan SIM Corner dibuka mulai pukul 10.00. Pemohon SIM langsung mengantre di depan loket pengurusan perpanjangan SIM.

Semakin siang, pemohon semakin terlihat antre mengular bahkan hingga sore hari. Antrean mencapai puluhan meter. Ada yang menunggu dengan berdiri sambil bermain gadget, ada juga yang mengantre dengan cara duduk lesehan. Hal itu mereka lakukan lantaran sudah mengantre beberapa jam. 

Seperti yang dialami Suwarno, 40. Dia terpaksa duduk lesehan di lantai lantaran panjangnya antrean di SIM Corner. Warga Semolowaru tersebut menjelaskan, dia hendak memperpanjang SIMnya yang sudah habis masa kedaluwarsanya pada 30 Desember atau jelang tutup tahun lalu. 

"Saya mau memperpanjang, namun waktu itu sudah masuk cuti liburan akhir tahun dan SIM Corner tidak melakukan pelayanan. Jadi waktu dapat informasi kalau SIM yang mati pada saat libur bisa diperpanjang sebelum tanggal 9 Januari ke depan, saya langsung ke sini," ungkapnya sambil memegang foto kopi KTP dan SIM lamanya. 

Suwrano menjelaskan, dia sengaja mengurus perpanjangan SIM di TP lantaran tempatnya nyaman dan bisa sekalian berbelanja. Namun niat berbelanja itu dia urungkan lantaran sudah lama mengantre sekitar 1,5 jam, belum mendapat layanan. “Setelah selesai ini, sepertinya langsung pulang saja karena sudah lama antre,” jelasnya. 

Hal yang sama juga diungkapkan Maulana, 35. Dia mengaku sudah menunggu hingga tiga jam untuk memperpanjang SIM. Melihat panjangnya antrean, warga Sawahan ini berharap Satlantas Polrestabes Surabaya bisa menambah layanan SIM Corner di beberapa titik lagi.

"Sebab kalau begini terus, kasihan para pemohon SIM yang mungkin usianya sudah lanjut," terangnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, pihaknya memaklumi adanya antrean tersebut. Kepadatan terjadi lantaran banyak warga yang ingin memperpanjang SIM saat cuti tahun baru yakni tanggal 30 Desember 2018-1 Januari 2019. 

"Memang berdasarkan peraturan dari Mabes Polri, bagi pengendara yang masa berlaku SIM-nya habis pada saat cuti tahun baru maka akan diberi kesempatan untuk melakukan pengurusan hingga 9 Januari. Sehingga banyak pemohon yang mungkin memanfaatkan kebijakan itu," ungkapnya. 

Dia menjelaskan jika melebih tanggal tersebut, maka pemohon harus menempuh penerbitan SIM baru, termasuk ikut ujian teori dan praktek serta membayar PNBP SIM baru. Menurutnya, sebelum liburan pihaknya sudah menginformasikan kepada warga untuk segera mengurus perpanjangan itu. 

"Khususnya  bagi warga yang SIM-nya habis masa berlakunya pada saat liburan tersebut," lanjutnya 

Meski demikian, Pandia belum akan menambah SIM Corner. Saat ini SIM Corner ada di empat titik, yakni di Maspion Square, TP,  dan dua mobile SIM keliling yang biasanya beroperasi di Taman Bungkul dan Terminal Bratang.

Pihaknya tidak bisa begitu saja melakukan penambahan SIM Corner lantaran harus melalui izin dari Polda Jatim hingga Mabes Polri. "Namun untuk mengurangi antrean, saya pastikan proses perpanjangan dilakukan dengan cepat. Petugas di lapangan sudah maksimal memberikan pelayanan ke pemohon," paparnya. (yua/jay)

(sb/yua/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia