Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Proyek Patung Raksasa Suroboyo, Ikon Baru Kota Surabaya

27 Desember 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Dikebut : Pekerja menyelesaikan pembangunan patung ikonik Suro & Boyo.

Dikebut : Pekerja menyelesaikan pembangunan patung ikonik Suro & Boyo. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Progres pembangunan patung raksasa berbentuk ikon Suro dan Boyo di Taman Surabaya hampir rampung. Sampai saat ini progres pembangunan sudah mencapai 80 persen. “Kini sudah dalam bentuk kerangka patung. selanjutnya tinggal  tahap pengecoran dan finishing.” pungkas Kabid Ruang Terbuka Hijau dan PJU Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH), Hendri Setianto, Selasa (26/12) 

Pembangunan patung ikonik tersebut mulai digarap sejak Agustus 2018. Dalam perencanaannya proyek rampung dalam 6 bulan. “Kemungkinan sudah selesai pada Februari atau Maret 2019,” katanya

Jika sesuai rencana, dipastikan pada bulan Mei sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. Dengan demikian patung ini akan menjadi kado ulang tahun kota Surabaya yang ke 726.

Hendri memaparkan anggaran pembangunan patung secara menyeluruh disokong oleh dana CSR Pelindo.  

Untuk penempatan patung megah Suro dan Boyo di jalan kenjeran tersebut bukan tanpa alasan. Dengan adanya icon baru Surabaya, maka destinasi wisata di Surabaya Utara semakin berkembang dan memiliki daya tarik yang tinggi. “Disamping memiliki pantai kenjeran dan jembatan Suramadu, penambahan patung ikon Suro dan Boyo serta taman akan meningkatkan perkembangan parawisata Surabaya.” Jelasnya.

Taman dengan luas 1,1 hektar tersebut menjadi tempat wisata, juga difungsikan sebagai area bermain dan beberapa area untuk olahraga. Diseputaran taman juga terdapat fasilitas joging track, sehingga fungsi taman dapat dimaksimalkan secara menyeluruh. nilai lebih juga terdapat pada penempatan taman yang berhubungan langsung dengan laut, maka patung suro dan boyo nantinya akan terlihat dari Madura.

Patung yang didirikan di tengah-tengah taman yang berada di depan Sentral Ikan Bulak (SIB) ini, rencananya memiliki tinggi 25 meter. Hal tersebut menjadikan patung Suro dan Boyo terbesar di kota Surabaya, mengalahkan patung ikonik yang berada di depan Kebun Binatang Surabaya. (yus/rtn)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia