Selasa, 16 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Sidoarjo

Tim Gegana Sterilkan Gereja Jelang Misa Malam Natal

25 Desember 2018, 23: 22: 56 WIB | editor : Wijayanto

ANTISIPASI: Tim Gegana Brimob Polda Jatim memeriksa ruangan Gereja Santa Maria Annuntiata, Jalan Monginsidi 13 Sidoarjo.

ANTISIPASI: Tim Gegana Brimob Polda Jatim memeriksa ruangan Gereja Santa Maria Annuntiata, Jalan Monginsidi 13 Sidoarjo. (HENDRIK MUCHLISON/RADAR SIDOARJO)

Share this      

SIDOARJO - Umat Kristiani dari berbagai gereja di Kota Delta, Senin (24/12), mengikuti misa malam Natal. Perayaan ekaristi di Gereja Katolik Santa Maria Annuntiata, Sidoarjo, berlangsung hingga larut malam.

Pastor Rekan Paroki Santa Maria Annuntiata RD Agustinus Tri Budi Utomo, mengatakan, misa malam Natal di gereja yang berlokasi di Jalan Monginsidi 13 ini berlangsung dua sesi. Sesi pertama pada pukul 18.00 dan sesi kedua dimulai pada pukul 22.00. Ribuan jemaat memenuhi gereja dan ruang pertemuan di samping gereja.

“Kami juga bekerja sama dengan jajaran kepolisian untuk kepentingan pengamanan,” ujar pastor yang akrab disapa Romo Didik itu.

Beberapa jam sebelum misa dimulai, Satuan Sabhara Polresta Sidoarjo dibantu tim Gegana Brimob Polda Jawa Timur melakukan sterilisasi sejumlah gereja. Polisi memeriksa semua ruangan yang ada di Gereja Katolik Santa Maria Annuntiata di Jalan Monginsidi 13 Sidoarjo.

Bukan itu saja. Semua kursi dan bangku jemaat juga diperiksa secara detail dengan menggunakan metal detector. Vas bunga yang menghiasi altar juga diperiksa oleh tim Gegana Polda Jatim. Termasuk aksesoris kandang Natal di samping altar.

Kanit Sabhara Polsek Kota Sidoarjo Ipda Suharsono mengatakan, sterilisasi bertujuan untuk mengantisipasi adanya gangguan atau ancaman yang dapat mengganggu jalannya kebaktian malam Natal. “Semua ini untuk memberikan rasa aman bagi umat Nasrani menjalani ibadah perayaan Natal,” tuturnya.

Seksi Keamanan Paroki Santa Maria Anuntiata Paulus Sitanggang mengatakan, sejak pekan lalu gereja yang memiliki sekitar 7.000 jemaat ini sudah diperiksa secara menyeluruh. Jelang malam Natal diperiksa kembali untuk memastikan kemanan di dalam dan luar gereja. “Kita apresiasi upaya yang dilakukan kepolisian untuk membantu pengamanan gereja,” ujarnya.

Sterilisasi juga dilakukan pihak kepolisian di Gereja Kristen Indonesia (GKI), Jalan Trunojoyo dan Gereja Protestan di Indonesia Barat (GPBI) Bethesdha di Jalan Untung Suropati, dan Gereja Elohim. Polisi memeriksa seluruh sudut ruangan gereja.

Di Kabupaten Sidoarjo terdapat sekitar 80 gereja yang tersebar di 18 kecamatan. Pengamanan perayaan Natal tidak hanya dilakukan oleh polisi, tapi juga melibatkan unsur TNI, Satpol PP, Banser, Ansor, dan organisasi kepemudaan.

Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Kompol Rochsulullah mengatakan, selain sterilisasi, polisi juga berjaga di lokasi gereja. Pihak keamanan juga melakukan pemeriksaan terhadap jemaat yang hendak memasuki gereja. “Semoga perayaan Natal 2018 di wilayah Sidoarjo berjalan aman dan nyaman,” harapnya. (son/rek)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia