Minggu, 15 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

TB Cepat Sembuh dengan Sistem Short Regimen

22 Desember 2018, 22: 09: 05 WIB | editor : Wijayanto

Ilustrasi TB

Ilustrasi TB (NET)

Share this      

GRESIK - Pasien tuberkulosis (TB) sekarang bisa sembuh lebih cepat. Pemerintah sedang mencanangkan sistem short regimen atau pengobatan jangka pendek. Dari yang  sebelumnya 24 bulan, kini bisa 11 hingga 9 bulan.

Bagian Program Pendampingan TB Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik, Ririn mengatakan Dinkes Gresik terus melakukan sosialisasi kepada pasien TB untuk pengobatan TB yang lebih cepat. “Kadang ada pasien yang kadang kaget kok lebih cepat, tapi kami memberikan penjelasan kepada pasien untuk sistem short regimen,” ungkap Ririn. Dengan waktu pengobatan yang lebih pendek, lanjut Ririn, jumlah obat juga lebih tinggi. “Karena waktunya pendek, maka obatnya juga diperbanyak. Berat diobatnya namun untuk waktunya lebih pendek,” kata Ririn.

Meski waktu yang ditawarkan lebih pendek, namun banyak pasien yang mengeluh. Mereka tidak kuat menahan jumlah dan dampak obat yang dikonsumsinya. “Minum obat dan risikonya sudah kami jelaskan, misalnya telinga tidak dengar sampai muntah. Tapi, mau gimana lagi. Pilihannya mau hidup atau minum obat teratur,” jelasnya. 

Sementara itu, tim pendamping pasien TB RSUD Ibnu Sina, dr Santi M  menambahkan banyak pasien yang tidak tahu tentang proses percepatan pengobatan sistem shor regimen. “Kadang banyak yang bingung kok waktu pengobatannya lebih sedikit, makanya kami harapkan Dinkes melakukan sosialisasi. Apalagi, ini program nasional,” ungkapnya. (jar/han)

(sb/jar/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia