Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Dispendik Mulai Evaluasi PPDB 2019

21 Desember 2018, 10: 42: 38 WIB | editor : Wijayanto

SERIUS: Siswa SMAN 1 Gresik sedang  mengikuti proses belajar mengajar dengan  metode santai dan lesehan.

SERIUS: Siswa SMAN 1 Gresik sedang mengikuti proses belajar mengajar dengan metode santai dan lesehan. (UMI HANY AKASA/RADAR GRESIK)

Share this      

GRESIK - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik maupun Cabang Dinas Pendidikan (Dispendik) Jawa Timur Wilayah Kabupaten Gresik mulai melakukan persiapan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  Tahun 2019 mendatang. Dari hasil evaluasi,  ditemukan banyak protes  terkait dengan  penerimaan siswa baru baik untuk tingkat SD hingga SMA.

Kepala Dispendik Gresik, Mahin mengatakan Dispendik sebenarnya sudah melakukan evaluasi PPDB, khususnya untuk zonasi. Pasalnya, dengan sistem zonasi proses pendaftaran sekolah banyak dikeluhkan masyarakat. “Adapun sistem zonasi ditetapkan pemerintah sebagai upaya pemerataan akses pendidikan dan menghilangkan status sekolah favorit atau bukan.,” jelasnya.

Dengan zonasi, siswa diarahkan memilih sekolah negeri yang dekat dengan rumah. Sekolah bagus juga “dipaksa” menerima siswa dengan prestasi rendah, yang tinggal di dekat lokasinya untuk mengurangi beban biaya transportasi dan menciptakan keadilan akses pendidikan.

Sementara itu, Kepala Cabang Dispendik Jatim di Gresik, Puji Astuti mengatakan menyatakan, evaluasi sistem sudah dilakukan sejak Juli ini sehingga diharapkan pada tahun ajaran baru selanjutnya tak lagi mengulangi permasalahan yang sama.

"Kami sudah kumpulkan mana juknis (petunjuk teknis) yang tidak sesuai, lalu kami intervensi yang harus dilakukan pemerintah daerah, ini untuk persoalan zonasi. Kalau ada soal kondisi geografis kami juga akan peta-kan. Januari diharapkan sudah selesai," jelasnya. (han)

(sb/han/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia