Sabtu, 07 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

9 Tiang dan 3 Travo PLN Roboh, Normalisasi Listrik dari Penyulang

19 Desember 2018, 09: 54: 29 WIB | editor : Wijayanto

SINKHOLE: Lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng yang membentuk jurang menganga di depan Bank BNI dan toko Elizabeth.

SINKHOLE: Lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng yang membentuk jurang menganga di depan Bank BNI dan toko Elizabeth. (INSTAGRAM/YUYUNG ABDI)

Share this      

SURABAYA - Peristiwa amblesnya Jalan Raya Gubeng, Selasa (18/12) malam, menyebabkan sembilan tiang tegangan menengah 20 kV dan 3 travo PLN roboh. Rusaknya sejumlah infrastruktur PT PLN tersebut, mengakibatkan aliran listrik di sekitar Jalan Gubeng harus padam dalam semalam.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jatim Fenny Nurhayati merincikan, 9 tiang tegangan menangah 20 kV dan 2 trafo khusus pelanggan (BNI dan toko tas Elizabeth) dan 1 trafo PLN untuk proyek RS Siloam roboh. "Dari semalam sampai dengan pagi ini, masih proses evakuasi trafo, tiang-tiang, dan kabel PLN," terangnya, Rabu (19/12).

Evakuasi yang telah dilakukan semalam hingga dini hari, menurut Fenny, telah membuahkan hasil. Pasokan listrik ke pelanggan di sekitar Jalan Raya Gubeng sudah kembali normal. Hanya menyisakan BNI dan toko tas Elizabeth yang masih padam. Upaya manuver melalui jalur penyulang yang masih operasi, menjadi skema yang dipilih agar pelanggan dapat mendapatkan aliran listrik.

"Sehingga tinggal dua bangunan saja yang masih belum teraliri listrik. Pasokan listrik kedua gedung ini sementara masih harus menggunakan genset. Proses penormalan dan pemasangan tiang kembali dilakukan segera," ungkapnya.

PT PLN masih belum dapat memastikan kapan pastinya pasokan listrik ke BNI dan toko tas Elizabeth kembali normal. Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan saat ini tengah melakukan survey dan perencanaan penempatan tiang serta penarikan jaringan. "Untuk kedua pelanggan tersebut menunggu kondisi di lapangan," ujarnya. (cin/jay)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia