Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya
Perangi Tengkulak

Mahasiswa Unitomo Kembangkan Aplikasi Sembako Online

19 Desember 2018, 09: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

Perangi Tengkulak : Tim  Kipati Studio memperkenalkan aplikasi Warung Tonggo (Waton).

Perangi Tengkulak : Tim Kipati Studio memperkenalkan aplikasi Warung Tonggo (Waton). (Aji/radarsurabaya)

Share this      

Surabaya –  Sekelompok mahasiswa Universitas Dr.Soetomo (Unitomo) berhasil mengembangkan aplikasi jual beli sembako. Aplikasi yang diberi nama Waton atau warung tonggo ini berbasis android.  “Kami berharap aplikasi ini mempertemukan pembeli dan penjual tanpa ada perantara atau tengkulak, ”kata ketua tim developer aplikasi Waton,  Ari Anggoro, Selasa (18/12). 

Menurut Ari, pembuatan aplikasi ini berangkat dari banyaknya keluhan konsumen soal harga beberapa sembako yang sering melonjak dengan sendirinya. Persoalan harga ini ditengarai adanya permainan tengkulak.  “ Selain itu,  proses transaksi jual beli yang konvensional memberikan peluang harga dipermainkan,” katanya.

Disisi lain gempuran pasar modern telah menekan warung-warung kecil atau usaha menengah kebawah. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh warung-warung kecil agar mampu bertahan ditengah persaingan saat ini. “Sudah saatnya pelaku usaha mikro memanfaatkan teknologi agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman,” katanya.

Kedepan aplikasi ini bisa diunduh di playstore secara gratis.  Siapa saja bisa memanfaatkannya.  “ Aplikasi ini masih berbentuk prototype.  Nantinya  segera dirilis di play store,”ungkap Ari. (aji/rtn)

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia