Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Nella Kharisma Datangi Polda Jatim Diperiksa Kasus Kosmetik Ilegal

18 Desember 2018, 14: 57: 40 WIB | editor : Wijayanto

SAPA: Nella Kharisma dikerubuti wartawan saat datang ke Mapolda Jatim, Selasa (18/12).

SAPA: Nella Kharisma dikerubuti wartawan saat datang ke Mapolda Jatim, Selasa (18/12). (M MAHRUS/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Artis dangdut Nella Kharisma akhirnya menghadiri panggilan penyidik Subdit IV Tipidter Polda Jatim, Selasa siang (18/12). Nella datang untuk memenuhi panggilan sebagai saksi dalam kasus peredaran kosmetik ilegal merk Derma Skin Care (DSC) Beauty yang diproduksi Karina Indah Lestari, 26, warga Putuk, Banaran, Kandangan, Kediri.

Setelah turun dari mobil Toyota Kijang Innova berwarna abu-abu nomor polisi (nopol) AG 1733 LA, Nella berjalan terburu-buru masuk ke gedung Subdit IV Tipidter didampingi keluarga dan manajemen. Dia tampak mengenakan kemeja lengan panjang warna biru, celana jeans dan memakai kacamata.

Puluhan wartawan yang sejak pagi sudah menunggu langsung menyorot artis dangdut asal Nganjuk itu dengan kamera masing-masing. Saat itu, Nella tampak melempar senyum meski dia enggan menanggapi beragam pertanyaan dari wartawan. "Alhamdulillah, baik," ucap Nella menanggapi pertanyaan wartawan terkait kabarnya.

Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Rofiq Ripto mengatakan, pemanggilan terhadap Nella Kharisma adalah untuk menggali keterangan saksi terkait endorse produk kosmetik ilegal tersebut.

"Empat artis sudah kami panggil, namun masih satu yang konfirmasi kehadirannya," kata Rofik di depan gedung Tipidter Mapolda Jatim.

Dia menjelaskan, dalam pemanggilan kali ini ada tiga substansi penting yang akan dibahas. Tiga substansi itu meliputi SOP yang menyangkut pariwara atau iklan, kedua adalah etika, dan ketiga adalah legal formal. Menurut Rofik ketiga hal tersebut harus dipahami para artis.

"Untuk UU Kesehatan, prosesnya masih mengembangkan pada bahan-bahan yang dijadikan produk ini dari mana, karena ada yang diproduksi di dalam dan luar negeri. Ada juga yang dilarang untuk digunakan, atau boleh digunakan tapi harus dengan resep dokter," lanjutnya.

Saat ini, Nella Kharisma masih menjalani pemeriksaan di gedung Subdit IV Tipidter Mapolda Jatim. Puluhan awak media masih sabar menunggu keterangan dari pelantun 'Konco Mesra' itu.

Diberitakan sebelumnya, Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim berhasil membongkar kasus produksi dan peredaran kosmetik ilegal bermerk DSC Beauty. Produk tersebut diproduksi oleh tersangka Karina Indah Lestari tanpa izin industri dan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Kediri.

Berdasarkan pengakuan, pelaku sudah memproduksi dan mengedarkan kosmetik ilegal itu selama dua tahun. Bahkan dia juga memiliki pengguna sekitar 60 ribu, dan sudah tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung Medan dan Jogjakarta.

Menariknya, untuk mempopulerkan dan memasarkan produknya, tersangka mengaku mengendorse enam artis terkenal. Di antaranya Via Vallen, Nella Kharisma, NR, OR, MP, DK, dan artis B yang merupakan discjockey (DJ) terkenal. (rus/jay)

(sb/rus/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia