Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Lift Tiga JPO Sudah Selesai 90 Persen

16 Desember 2018, 08: 00: 59 WIB | editor : Abdul Rozack

SIAP PAKAI: Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang dilengkapi dengan lift di Jalan Pemuda Surabaya, belum bisa digunakan oleh para pejalan kaki, Sabt

SIAP PAKAI: Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang dilengkapi dengan lift di Jalan Pemuda Surabaya, belum bisa digunakan oleh para pejalan kaki, Sabtu (15/12). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Di awal tahun 2019 masyarakat Surabaya jumlah  Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang dilengkapi dengan lift akan bertambah. Fasilitas yang dimiliki Pemerintah Kota Surabaya itu akan semakin mempermudah  pejalan kaki yang ingin menyebrang jalan tanpa harus susah payah melawan derasnya arus lalulintas kota.

Saat ini pengerjaan tiga JPO yang dilengkapi dengan lift  sudah hampir selesai 90 persen.  “Sebagian besar JPO tinggal proses cleaning, painting & perapihan saja. Selain itu beberpa JPO di Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Pemuda, Jalan Wonokromo tinggal pemasang kanopi,” kata Public Relation PT Warna Warni  Dinar Aisyah.

Dinar mengatakan, selama pengerjaan litf tiga JPO sajauh ini relatif lancar dan tidak terjadi kendala yang berarti. Hanya saja saat di lapangan, para pekerja terkendala perubahan cuaca yang tidak menentu. Sebab jika saat hujan, pekerja terpaksa berhenti bekerja karena ada beberapa peralatan yang tidak bisa digunakan saat dalam kondisi basah. “Tim di lapangan tidak bisa bekerja maksimal kalau hujan. Untungnya proses pengerjaannya sudah sejak musim panas, jadi beberapa JPO sudah hampir selesai,” urainya.

Ia menambahkan, proses finishing ini segera dikebut pengerjaannya, agar masyarakat bisa segera menggunakan fasilitas tersebut. Terutama bagi penyandang disabilitas yang ingin menyebrang , tentunya dengan lift tersebut akan sangat memudahkan penyebrang. Dirinya menjelaskan, nantinya fasilitas itu juga akan diprioritaskan bagi ibu hamil, dan lansia. “Kapasitas lift JPO ini maksimal hanya untuk enam orang saja. Beda dengan lift yang ada di mall atau gedung betingkat lainnya,” tandasnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu membenarkan terkait pengerjaan JPO berfasilitas lift itu akan selesai pada akhir tahun 2018. Rencananya, pada awal tahun sudah bisa digunakan para pejalan kaki.  “Ini sudah hampir rampung penggarapannya. Tinggal beberpa minggu lagi sudah bisa dipakai,” tambahnya. 

Saat ditanya mengenai penambahan lift di JPO lainnya, Yayuk belum ada wacana untuk itu. Dirinya saat ini sedang memfokuskan untuk menyelesaikan pengerjaan JPO di tiga jalan tersebut. Sedangkan untuk tanggal pasti di digunakannya fasilitas itu, Yayuk masih mengkondisikan situasi di lapangan.  “Tunggu saja nanti, pastinya awal tahun sudah harus selesai dan dibisa digunakan. Tanggalnya belum kami tentukan,” pungkas Yayuk. (gin/nug)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia